Pesawat Australia yang Kirim Bantuan untuk Korban Tsunami di Tonga Tidak Bisa Mendarat

Nusantaratv.com - 21 Januari 2022

Gundukan sampah dan kendaraan yang terbawa gelombang tsunami di Tonga/ist
Gundukan sampah dan kendaraan yang terbawa gelombang tsunami di Tonga/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pesawat Australia yang mengangkut bantuan untuk para warga korban bencana tsunami di Tonga tidak bisa mendarat dan harus putar balik. Hal itu terjadi karena ditemukan seseorang yang positif covid-19 di dalam pesawat tersebut. 

Juru bicara pertahanan Australia menyatakan semua awak pesawat dinyatakan negatif Covid-19 dengan tes antigen sebelum naik ke pesawat, Kamis (20/1/2022).

Bahkan, mereka juga menjalani tes PCR sebelum berangkat. Namun hasil tes PCR baru keluar setelah pesawat terbang.

Hasilnya, ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19. Alhasil, pesawat pun diperintahkan putar balik kembali Australia.

Agar bantuan bisa tetap tersalurkan dengan cepat, pasokan bantuan lalu dipindahkan ke pesawat lain yang terbang dari Brisbane pada hari Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Hari Kedua Pasca Tsunami Tonga, 4 WNI Belum Diketahui Nasibnya 

Sementara itu, beberapa hari pasca dihantam gelombang tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, Tonga masih berjuang untuk pulih. 

Bencana itu menghancurkan desa, memutus jalur komunikasi, dan menewaskan sedikitnya tiga orang.

Sebagian besar wilayah Tonga masih diselimuti abu vulkanik, penduduk juga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, mengutip tribunnewscom. 

Namun penyaluran bantuan dari luar ke wilayah Tonga dapat membawa covid-19 ke negara di Pasifik itu. Saat ini Tonga mencatat nol kasus covid-19. 

Sementara itu, foto-foto Tonga pasca tsunami beredar luas. Foto-foto tersebut memperlihatkan kerusakan akibat tsunami.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])