Hari Kedua Pasca Tsunami Tonga, 4 WNI Belum Diketahui Nasibnya

Nusantaratv.com - 16/01/2022 17:05

Ilustrasi kendaraan tenggelam akibat gelombang tsunami di Tonga/ist
Ilustrasi kendaraan tenggelam akibat gelombang tsunami di Tonga/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Tonga sebuah wilayah di Pasifik dilanda gelombang tsunami yang terjadi akibat letusan gunung bawah laut Hunga Tonga-Gunga Ha'apai, pada Jumat (14/1/2022) waktu setempat. Warga Tonga panik dan berlarian menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi saat air membanjiri pemukiman dan jalan.

Lalu apakah ada warga negara Indonesia (WNI) di Tonga dan bagaimana keadaan mereka?

KBRI Wellington menyebutkan ada empat WNI yang sedang berada di Tonga. Namun hingga kini ungkap KBRI Wellington, keempat WNI tersebut belum bisa dihubungi akibat putusnya kabel komunikasi bawah laut.

"KBRI Wellington melalui fungsi protokol dan konsuler terus memantau kondisi empat WNI yang berada di Tonga yang tidak dapat dihubungi karena putusnya kabel komunikasi bawah laut," tulis siaran pers KBRI Wellington yang dikutip di situs Kemlu, Minggu (16/1/2022).

KBRI Wellington juga menyampaikan, pihaknya menerima laporan dari seorang WNI bernama Thomas Egbert mengenai terjadinya peningkatan permukaan air laut pada Sabtu (15/1/2022) petang waktu setempat. 

KBRI Wellington telah berupaya menghubungi agensi kapal Ngatai Marine Entrepriss Ltd di Tonga yang mempekerjakan tiga WNI ABK. Namun, tidak ada jawaban.

Baca juga: BMKG Pastikan Dampak Tsunami Tonga Tidak Sampai ke Indonesia

KBRI Wellington mengatakan letusan gunung api bawah laut di Tonga juga turut dirasakan di Samoa dan Fiji. Kendati demikian, WNI di Samoa melaporkan kondisi di sana masih terkendali.

KBRI Wellington memastikan sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban akibat musibah tsunami itu.

"KBRI Wellington tidak memperoleh laporan adanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban," tukasnya, mengutip detikcom.

Gangguan pada sistem komunikasi di Tonga saat ini membuat akses informasi menjadi sangat terbatas. Praktis, saat ini berita di Tonga hanya tersedia melalui komunikasi radio Tonga Meteorological Services, National Emergency Management Office (NEMO), dan His Majesty's Armed Force (HMAF).

KBRI Wellington menyampaikan jika ada masyarakat yang memiliki informasi langsung mengenai keberadaan WNI di Tonga, dapat menghubungi hotline KBRI Wellington di nomor +6421713167. Informasi lain dapat pula disampaikan melalui e-mail KBRI Wellington, yaitu konsuler.wellington@kemlu.go.id.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in