Tonga Diterjang Tsunami, Bantuan Internasional Berdatangan

Nusantaratv.com - 17 Januari 2022

Tsunami Tonga. (Twitter)
Tsunami Tonga. (Twitter)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sejumlah negara di Pasifik serta badan bantuan internasional mulai berkoordinasi membantu Tonga yang mengalami tsunami akibat letusan gunung api bawah laut, Sabtu (15/1/2022). Tsunami membuat listrik padam dan memutus jalur komunikasi di negara tersebut. Tonga yang merupakan negara kepulauan, nampak terisolasi dan belum mengeluarkan pernyataan resmi perihal dampak bencana dan jumlah korban.

Pesawat angkatan udara Selandia Baru, P-3K Orion, telah lepas landas dari Auckland pada Minggu untuk membantu memonitor dampak bencana. Perdana Menteri Selandia Baru sebelumnya menjelaskan dampak tsunami 'signifikan' pada infrastruktur Tonga.

Palang Merah mengatakan sedang memobilisasi jaringan regionalnya untuk merespon apa yang mereka katakan sebagai letusan gunung api terburuk yang dialami Pasifik selama beberapa dekade terakhir.

"Dari sedikit informasi baru yang kami dapat, skala kehancuran bisa sangat besar, terutama untuk pulau-pulau terluar," kata Katie Greenwood, Kepala Delegasi Pasifik IFRC, diberitakan Reuters.

Palang Merah dikatakan punya persediaan bantuan yang cukup untuk 1.200 keluarga berupa terpal, selimut, peralatan dapur, peralatan tempat tinggal, dan peralatan kebersihan.

Ada kekhawatiran bahwa masyarakat Tonga mungkin tidak memiliki akses air minum aman akibat genangan air asin yang disebabkan gelombang tsunami dan hujan abu.

Masalah tempat tinggal juga menjadi perhatian, terutama bagi masyarakat yang tinggal dekat garis pantai.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Gutteres mengatakan di Twitter bahwa kantor-kantor PBB di Pasifik bersiaga memberi bantuan untuk Tonga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])