Baru Saja Dilanda Tsunami, Tonga Diguncang Gempa 6,2 Magnitudo

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Sekitar 12 hari pasca dilanda gelombang tsunami akibat erupsi gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, Tonga dikabarkan diguncang gempa bumi. 

Dilaporkan, kawasan lepas pantai Tonga dilanda gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo, pada Kamis (27/1/2022) pukul 06.40 GMT. 

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menginformasikan sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan yang terjadi.

Baca juga: BMKG Pastikan Dampak Tsunami Tonga Tidak Sampai ke Indonesia

Disebutkan, pusat gempa kuat berada 219 kilometer barat laut Pangai, sebuah kota di pulau terpencil Lifuka, pada kedalaman 14,5 kilometer. Namun berbeda dengan ketika Tonga dilanda tsunami, kali ini tidak ada laporan tentang gempa yang dirasakan di pulau utama Tonga atau Fiji, yang berdekatan.

Sejak gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga meletus pada pertengahan Januari 2022 lalu, gempa terjadi setiap hari di negara Pasifik tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])