BMKG Pastikan Dampak Tsunami Tonga Tidak Sampai ke Indonesia

Nusantaratv.com - 15 Januari 2022

Gelombang tsunami menghantam wilayah pesisir Tonga sebauah negara di kawasan Pasifik
Gelombang tsunami menghantam wilayah pesisir Tonga sebauah negara di kawasan Pasifik

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono memastikan tsunami yang terjadi akibat erupsi gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga tidak akan berdampak sampai Indonesia.

"Tsunami tidak sampai (berdampak) ke Indonesia," kata Daryono, Sabtu (15/1).

Seperti diberitakan, gelombang tsunami menghantam Tonga hingga ibu kota negara tersebut hari ini. 

Baca juga: BMKG Ingatkan Ada Ancaman Gempa Berkekuatan Dahsyat 8,7 Magnitudo di Megathrust Selat Sunda

Terjangan air melintasi garis pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada Sabtu, mengalir ke jalan-jalan pantai dan membanjiri bangunan.

Rekaman video menunjukkan gelombang menyapu rumah, gedung, dan gereja di Tonga, namun belum ada kabar korban luka-luka atau korban jiwa.

"Doakan kami," tulis seorang warga Tonga di media sosial, ketika orang-orang melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi di tengah teriakan panik, mengutip CNNIndonesiacom.

Selain Tonga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Selandia Baru (NEMA) juga mengeluarkan peringatan tsunami setelah letusan gunung berapi bawah laut di Tonga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])