WHO Pastikan Varian Baru Covid-19 Omicron Bisa Dideteksi dengan Tes PCR

Nusantaratv.com - 29 November 2021

Logo WHO/ist
Logo WHO/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Munculnya varian baru covid-19 Omicron sontak memicu kekhawatiran dunia. Pasalnya, varian yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan tersebut disebut-sebut tak bisa dideteksi dengan tes covid-19 yang ada saat ini. 

Namun anggapan itu dipatahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO memastikan varian Omicron yang disebut memiliki kemampuan bermutasi yang sangat tinggi masih bisa dideteksi dengan menggunakan tes PCR. 

"Tes PCR yang banyak digunakan terus mendeteksi infeksi, termasuk infeksi Omicron, seperti yang telah kita lihat dengan varian lain," ungkap WHO, Senin (29/11/2021).

"Studi sedang berlangsung untuk menentukan apakah ada dampak pada jenis tes lain, termasuk tes cepat deteksi antigen." imbuh WHO.

WHO telah menetapkan Omicron menjadi varian yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Simak! Ini Kata Ahli Tentang Varian Baru Covid-19 Omicron yang Gegerkan Dunia

Penetapan tersebut menempatkan Omicron ke dalam kategori varian Covid-19 yang paling meresahkan, bersama dengan Delta yang dominan secara global.

Kemunculan varian Omicron telah menimbulkan keraguan pada upaya global untuk memerangi pandemi covid-19. Pasalnya Omicron disebut sangat menular. Hal itu memaksa sejumlah negara untuk menerapkan kembali langkah-langkah pembatasan covid-19 yang pernah diberlakukan di awal-awal pandemi covid-19.

WHO sendiri menyatakan "belum jelas" apakah Omicron menyebar lebih mudah dari orang ke orang, atau apakah infeksi varian menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan dengan jenis lain.

"Saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang terkait dengan Omicron berbeda dari varian lain," tulis WHO.

Lebih lanjut WHO mengatakan studi tentang berbagai aspek varian baru membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mencapai kesimpulan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])