Sekawanan Kucing 'Selamatkan' Bayi yang Dibuang di Selokan di India

Nusantaratv.com - 20 November 2021

Polisi wanita India mengevakuasi bayi yang dibuang di selokan/ist
Polisi wanita India mengevakuasi bayi yang dibuang di selokan/ist

Penulis: Ramses Manurung

New Delhi, Nusantaratv.com-Seorang bayi perempuan yang dibuang di selokan di kota Mumbai, India berhasil 'diselamatkan' oleh sekawanan kucing. Sang bayi kini sedang dalam pemulihan di rumah sakit.  

Dokter di rumah sakit Rajawadi mengatakan bayi berusia lima hari itu baik-baik saja. Dokter masih memantau kondisi kesehatannya.

Kepolisian setempat mengungkapkan  warga menemukan bayi itu setelah sekelompok kucing berkumpul dan mengeong keras di sekitar selokan tempat dibuangnya bayi tersebut. 

Polisi sedang menyelidiki bagaimana bayi itu bisa berada di saluran pembuangan.

Terkait motif pelaku yang membuang bayi itu, pihak berwenang tak ingin berspekulasi. Tetapi dari kasus-kasus sebelumnya, pembuangan bayi perempuan biasanya terjadi karena orang tua kecewa tidak mendapat anak laki-laki. Itu merupakan budaya yang masih sering terjadi di India. 

Di India perempuan sering didiskriminasi secara sosial dan anak perempuan dipandang sebagai beban keuangan, terutama di kalangan masyarakat miskin.

Meskipun sebagian besar janin perempuan yang tidak diinginkan diaborsi dengan bantuan klinik ilegal, dibunuh atau ditinggalkan setelah lahir juga sering terdengar. Namun rasio gender India adalah salah satu yang terburuk di dunia. 

Pada Minggu (14/11/2021) lalu, tim polisi berhasil menyelematkan seorang bayi di dalam saluran pembuangan di pinggiran kota Mumbai. Bayi itu memakai kemeja tipis dan terendam di air limbah dan menangis tersedu-sedu.

Petugas kemudian mengambilnya, membungkusnya dengan kain dan langsung membawanya ke rumah sakit. 

Baca juga: Pesawat Hercules India yang Ditumpangi PM Modi Mendarat di Jalan Tol, Kenapa?

"Ketika kami mengangkat bayi itu, dia kedinginan, lengannya membiru. Kami meminta air hangat dan kain untuk membersihkan bayi itu," kata polisi Sheetal Sonawane mengutip detikcom, Sabtu (20/11/2021).

Dokter di rumah sakit Rajawadi mengatakan bayi itu dalam kondisi stabil.

Kejadian tersebut sempat viral di media sosial. 

Penemuan bayi di saluran pembuangan di kota Mumbai menambah daftar panjang kasus penelantaran bayi di India. 

Dua tahun lalu, bayi yang baru lahir ditemukan terkubur hidup-hidup di pot tanah liat di kota Bareilly, di negara bagian Uttar Pradesh.

Kemudian pada musim dingin 2016, seorang bayi ditemukan ditinggalkan di dalam kantong plastik tanpa pakaian di ibu kota, Delhi.

Lalu pada Juni lalu, seorang bayi perempuan ditemukan mengambang di dalam sebuah kotak kayu di sungai Gangga oleh seorang tukang perahu. 

Kasus diskriminasi terhadap bayi perempuan di India juga mendapat sorotan dari pemerintah. Pada 2014, Perdana Menteri Narendra Modi mengimbau orang India untuk berhenti membunuh putri mereka.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])