Sah! Fumio Kishida Jadi PM Baru Jepang Gantikan Yoshihide Suga

Nusantaratv.com - 29 September 2021

PM baru Jepang Fumio Kishida/ist
PM baru Jepang Fumio Kishida/ist

Penulis: Ramses Manurung

Tokyo, Nusantaratv.com-Fumio Kishida resmi menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang yang baru menggantikan Yoshihide Suga. Kishida yang merupakan mantan Menteri Luar Negeri mengalahkan kandidat populer Taro Kono dalam pemilihan suara yang ketat yang diadakan Partai Demokratik Liberal (LDP). 

Yoshihide Suga mengundurkan diri dari jabatannya setelah setahun menjabat.

Penetapan Kishida sebagai PM baru Jepang akan diputuskan melalui voting di parlemen pada 4 Oktober mendatang.  Dia kemudian akan memimpin LDP menghadapi pemilihan umum (pemilu) yang akan digelar November.

Keberhasilan Kishida memenangkan pemilihan suara menggantikan Yoshihide Suga adalah sukses yang tertunda. Pasalnya, politisi asal Hiroshima telah sejak lama mengincar posisi puncak namun gagal tahun lalu setelah kalah dari Suga.

Baca juga: Pemerintah Setujui Keputusan Putri Mako Tolak Uang Pernikahan Rp19 Miliar

Kishida menjadi kandidat pertama yang mengumumkan pencalonan diri sebagai Ketua LDP dan mencetuskan stimulus pandemi covid-18, serta menyebut dirinya sebagai seorang pendengar yang membawa kotak usulan ke acara-acara untuk menerima usulan warga.

Kontestasi pemilihan Ketua LDP antara Kishida melawan Kono berlangsung sangat ketat. Pada babak pertama, Kishida hanya unggul tipis satu suara dari Kono. Voting digelar oleh para anggota LDP dan para anggota parlemen dari LDP.

Baru lah pada babak kedua, Kishida unggul meyakinan dengan perolehan suara 257 berbanding 170 suara yang diraih Kono. 

Sementara dua kandidat lainnya, yakni politikus sayap kanan Sanae Takichi dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan, Seiko Noda, tidak lolos voting babak pertama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])