Kerusuhan Kembali Terjadi di Penjara Ekuador, 80 Narapidana Tewas

Nusantaratv.com - 13 November 2021

Kerusuhan di penjara Ekuador kembali terjadi/ist
Kerusuhan di penjara Ekuador kembali terjadi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Quito, Nusantaratv.com-Kerusuhan kembali terjadi di penjara Ekuador, pada Sabtu (13/11/2021) dini hari. Sedikitnya 80 narapidana dilaporkan tewas akibat bentrokan.

Kejadian kali ini menambah panjang daftar kerusuhan yang terjadi di penjara Ekuador. Diketahui, beberapa pekan lalu, kerusuhan juga terjadi di sebuah penjara di Ekuador yang menewaskan 118 narapidana. 

Kerusuhan terbaru  ini terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Litoral di Guayaquil. 

Saat kerusuhan pecah, dilaporkan sebuah helikopter berputar-putar di atas lapas. Para napi dipaksa masuk Paviliun 2. Sementara peluru berserakan di jalan-jalan di luar lapas seperti yang terlihat dalam video yang diunggah ke Twitter dan portal La Cave.

Baca juga: Bangladesh Rusuh Akibat Dugaan Penistaan Alquran, 4 Orang Ditembak Mati 

"Penghuni rumah pribadi di dekat Lembaga Pemasyarakatan Litoral melaporkan peluru-peluru nyasar mengenai rumah. Bentrokan baru di penjara membuat para tetangga panik," bunyi laporan mengutip okezonecom.

Laporan lain menyebutkan satu ledakan besar terdengar dari bagian dalam lapas.

Akibat kerusuhan ini, publik Ekuador mempertanyakan komitmen pemerintah dalam mengendalikan penjara pascabentrokan pada 29 September lalu yang menewaskan ratusan napi.

Publik menilai pemerintah tidak belajar peristiwa itu.  Bahkan publik menyebut keputusan Presiden Guillermo Lasso menerapkan kondisi darurat pada seluruh penjara Ekuador tak membuahkan hasil.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])