Bangladesh Rusuh Akibat Dugaan Penistaan Alquran, 4 Orang Ditembak Mati

Nusantaratv.com - 15/10/2021 22:27

Massa menyerang dan merusak kuil Hindu di Bangladesh/ist
Massa menyerang dan merusak kuil Hindu di Bangladesh/ist

Penulis: Ramses Manurung

Dhaka, Nusantaratv.com-Kerusuhan antar umat beragama terjadi di Bangladesh. 4 orang ditembak mati dalam kerusuhan yang terjadi kuil Hindu di Kota Hajigan, Rabu (13/10/2021). 

Berdasarkan informasi, kerusuhan terjadi akibat penistaan kitab suci agama Islam Alquran. Umat muslim setempat marah setelah muncul rekaman video Alquran yang diletakkan di lutut patung dewa Hindu Hanuman dalam sebuah festival keagamaan. 

Selama seminggu terakhir, umat Hindu merayakan festival tahunan terbesar mereka, yakni Durga Puja. Puncaknya adalah ritual membenamkan berhala dewi Durga di sungai pada Jumat (15/10/2021) hari ini.

Selain menewaskan empat orang, kerusuhan juga menyebabkan kerusakan kuil Hindu di Kota Hajiganj. Sekitar 500 orang yang melakukan pengrusakan kuil Hindu kemudian terlibat bentrok dengan polisi di kota selatan Hajiganj.

Demi melerai kerusuhan tersebut polisi setempat menembaki gerombolan. 4 orang tewas diterjang peluru yang ditembakkan polisi. 

Baca juga: Bangladesh Niat Pindahkan 80.000 Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

Untuk mengendalikan situasi keamanan di kota tersebut pemerintah Bangladesh mengerahkan pasukan dan meminta warga untuk menjaga ketertiban. 

Tak hanya, pemerintah Bangladesh juga meningkatkan keamanan di kota selatan Chittagong, yang merupakan rumah bagi populasi Hindu yang cukup besar.

Dengan populasi hanya 10 persen dari 169 juta penduduk Bangladesh, umat Hindu yang merupakan minoritas telah menghadapi kekerasan sporadis dalam beberapa tahun terakhir, yang sering dipicu oleh isu yang tersebar di media sosial.

Pada 2016 silam, lima kuil Hindu dirusak massa lantaran muncul postingan di Facebook yang mengejek salah satu situs paling suci Islam.

Informasi terbaru menyebutkan situasi sudah berangsur membaik. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in