Keren! Indonesia Terbaik dalam Penanganan Pandemi Covid-19 di Asia Tenggara

Nusantaratv.com - 10 Oktober 2021

Ilustrasi covid-19/ist
Ilustrasi covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Nikkei baru saja merilis peringkat terbaru negara-negara di dunia dalam hal pemulihan pandemi covid-19.

Indonesia berhasil naik dari posisi 92 ke urutan 54 sekaligus menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. 

Sementara Malaysia naik ke posisi 102 dari sebelumnya posisi 115. 

Sementara beberapa negara ASEAN lainnya mengalami penurunan. 

Singapura turun peringkat dari 56 sebelumnya, menjadi peringkat 70 atau setara dengan Amerika Serikat (AS) dan sedikit di belakang Inggris. Negara ini tengah memerangi peningkatan infeksi yang eksponensial tetapi tidak mengabaikan rencananya untuk hidup berdampingan dengan virus.

Vietnam berada di urutan keempat dari bawah, sedangkan Filipina dan Laos terpuruk di urutan terbawah.

Penurunan juga dialami China, dari sebelumnya menempati peringkat teratas merosot ke urutan ke-9. 

Baca juga: Sambut Endemi, Jokowi: Kita Hidup Berdampingan dengan Covid

Merosotnya ranking China karena adanya pendekatan tanpa toleransi untuk mengatasi pandemi. Namun memperlambat masyarakat kembali ke cara hidup normal.

Indeks yang digunakan oleh Nikkei dalam mengukur pemulihan covid-19 seluruh negara di dunia meliputi, negara dan wilayah dalam manajemen infeksi, peluncuran vaksin, dan mobilitas sosial. Semakin tinggi peringkatnya, semakin dekat tempat untuk pemulihan, dengan infeksi yang rendah, tingkat inokulasi yang lebih tinggi, dan langkah-langkah jarak sosial yang kurang ketat.

Atas dasar penilaian itulah Indonesia dan Malaysia berhasil naik peringkat, sedangkan beberapa negara lainnya di ASEAN justru merosot. 

Meski mengalami lonjakan kasus, sebanyak 98% pasien baru di Singapura tidak menunjukkan gejala atau hanya memiliki gejala ringan. Tetapi pandemi terus menimbulkan pertanyaan tentang kelangsungan jangka panjang ekonomi Singapura.

Sementara di Filipina penyebaran covid-19 memang mulai terkendali namun jumlah vaksinasi lengkap masih kurang dari 30% populasi. Jumlah ini rendah bahkan di antara negara-negara ASEAN.

Lalu Vietnam, berkinerja terburuk dalam dua peringkat sebelumnya. Namun kini negeri itu menerima skor penuh 10 dalam sub kategori 'vaksin baru', yang berarti di antara 10% negara teratas yang memberikan dosis vaksin paling banyak setiap hari per kapita.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])