Sambut Endemi, Jokowi: Kita Hidup Berdampingan dengan Covid

Nusantaratv.com - 27 September 2021

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat bersiap hidup berdampingan dengan virus corona (Covid-19). Sebab, menurutnya pandemi akan segera berubah menjadi endemi Covid.

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," ujar Jokowi dalam unggahannya di akun Instagram @jokowi, Senin (27/9/2021).

Jokowi mengatakan jika sudah satu setengah tahun Indonesia berjibaku menghadapi pandemi Covid-19. Ia menilai kondisi Indonesia sudah beranjak membaik dalam beberapa waktu terakhir.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut kondisi yang membaik tercermin dari keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang mulai menurun.

"Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar," ujar Jokowi.

"Status level PPKM di berbagai daerah sudah turun, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," katanya menambahkan.

Menurut Jokowi, hal tersebut tak lepas dari penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan. Oleh karena itu, ia meminta warga untuk tetap mewaspadai penularan virus corona, meski sudah banyak pelonggaran.

"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])