Erdogan Antusias Ingin Perbaiki Hubungan dengan Israel

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ist
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan siap menyambut Presiden Israel Isaac Herzog yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki pada Februari 2022 mendatang. 

Erdogan bahkan terang-terangan menyatakan akan memanfaatkan pertemuan dengan Isaac Herzog untuk memperbaiki hubungan Turki-Israel yang selama ini berantakan. 

“Kunjungan ini dapat membuka babak baru dalam hubungan antara Turki dan Israel,” kata Erogan, Rabu (26/1/2022), mengutip kompascom. 

Ia menegaskan siap untuk bekerja sama dengan Israel di semua bidang, termasuk gas alam.

Baca juga: Tak Ingin Disamakan dengan Ayam Kalkun, Erdogan Berencana Ganti Nama Turki

Diketahui, hubungan Turki dan Israel kurang harmonis lantaran insiden kapal MV Mavi Marmara pada 2010 yang membawa bantuan untuk warga Jalur Gaza.

Kapal tersebut diserang oleh militer Israel dan menewaskan 10 warga sipil. 
Namun terjadi perubahan yang sangat signifikan terkait hubungan Turki-Israel dalam beberapa bulan terakhir. Kedua negara sedang fokus pada pemulihan hubungan. 

Bahkan, Erdogan yang sebenarnya merupakan pendukung perjuangan Palestina, mengadakan pembicaraan telepon dengan Herzog dan para pemimpin Israel lainnya.

Erdogan menyatakan siap bekerja dengan Israel dalam menghidupkan kembali proyek lama untuk mengirimkan gas alam ke Eropa melalui Turki. Pernyataannya muncul setelah Amerika Serikat (AS) dilaporkan mendukung proyek pembangunan pipa gas alam yang melibatkan Israel dan Yunani yang merupakan rival Turki. Turki pun telah terang-terang mengatakan menentang proyek tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])