Tak Ingin Disamakan dengan Ayam Kalkun, Erdogan Berencana Ganti Nama Turki

Nusantaratv.com - 25 Januari 2022

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ist
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Apalah arti sebuah nama? atau What's in a name? kata pujangga Inggris, William Shakespeare. Tapi tidak demikian buat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Bagi Erdogan nama memiliki makna karena alasan itulah ia berencana untuk mengubah nama resmi 'Turkey' menjadi 'Turkiye.'

Erdogan menegaskan seluruh nama Turki akan diganti dengan Turkiye dimulai dari beberapa instansi pemerintah dan juga bisnis. Bahkan, beberapa produk buatan Turki saat ini sudah ditempelkan label 'Made in Turkiye.'

"Kata 'Turkiye' mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik," kata Erdogan dalam pidatonya, Selasa (25/1/2022).

"Dalam rangka memperkuat nama Turkiye, dalam segala jenis kegiatan dan surat menyurat, terutama dalam hubungan resmi dengan negara lain dan lembaga dan organisasi internasional, istilah Turkiye akan digunakan sebagai pengganti istilah seperti 'Turki', 'Turkei', 'Turquie' dan seterusnya," imbuhnya, mengutip CNBCIndonesiacom.

Baca juga: Ini Jurus Baru Erdogan Selamatkan Lira Turki 

Lalu apa sebenarnya motif dan alasan Erdogan ingin mengubah nama Turki?

Kepada media setempat, Erdogan mengungkapkan motif dan alasannya ingin mengganti nama Turki. Erdogan merasa nama 'Turkey' dalam bahasa Inggris memiliki arti yang sama dengan arti kalkun. Bahkan, menurut Kamus Cambridge, Turkey didefinisikan sebagai "sesuatu yang gagal" atau "orang yang bodoh atau konyol."

Penyebutan kalkun dengan turkey sendiri memang memiliki cerita sejarah yang cukup panjang. Salah satu versi mengatakan ketika penjajah Eropa menginjakkan kakinya di Amerika Utara dan menemukan ayam kalkun liar.

Mereka menganggap ayam itu mirip dengan "ayam mutiara" yang ada di wilayah Turki pada masa Ottoman. Akhirnya, hewan itu dinamai sama dengan negara Turki.

Alasan lainnya, Erdogan ingin menonjolkan kekuatan budaya Turki di dunia internasional. Pasalnya. warga Turki sendiri menyebut negaranya sebagai Turkiye dan bukan Turkey seperti yang dinamakan dalam bahasa Inggris.

Seorang pejabat Turki mengatakan proses penggantian nama ini sedang berlangsung. Meski begitu belum ada tanggal resmi kapan penggantian nama Turki atau Turkey menjadi Turkiye.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])