7 Orang Tewas Keracunan Usai Menyantap Daging Penyu

Nusantaratv.com - 04 Desember 2021

Ilustrasi orang keracunan makanan/ist
Ilustrasi orang keracunan makanan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Tanzania, Nusantaratv.com-Sebanyak tujuh orang termasuk seorang anak berusia tiga tahun dilaporkan tewas akibat keracunan usai menyantap daging penyu. Sementara tiga orang lainnya masih dirawat di rumah sakit dan berada dalam kondisi stabil. 

Peristiwa ini terjadi di Pulau Pemba, Tanzania. 

Kepala Kepolisian setempat, Juma Said Hamis menuturkan peristiwa bermula saat  lima keluarga di Pemba, yang merupakan bagian dari wilayah pulau semi-otonom Zanzibar, mengkonsumsi daging penyu pada Kamis (25/11/2021).

Keesokan harinya, orang-orang yang menyantap daging penyu mulai merasakan efeknya. Korban pertama adalah seorang anak berusia tiga tahun. Kemudian pada malam harinya, menyusul dua orang dewasa lainnya yang ikut menyantap daging penyu meninggal dunia. Kemudian pada Minggu (28/11/2021) empat orang lainnya juga meninggal dunia. 

Selain korban tewas, ada 38 korban lain yang dirawat di rumah sakit. Tetapi sebagian besar sudah dibolehkan pulang, mengutip tribunnewscom, Sabtu (4/12/2021). 

Presiden Zanzibar Hussein Mwinyi melalui akun Twitter-nya menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga yang terdampak peristiwa ini.

Diketahui, penduduk di daerah pesisir dan pulau-pulau di Tanzania terbiasa mengkonsumsi daging penyu. Padahal otoritas setempat sudah melarangnya.  

Daging penyu ternyata bisa menyebabkan keracunan yang dikenal dengan istilah chelonitoxism. 

Baca juga: Tragis! Korban Tewas Diracun Kakak Ipar di Klaten, Ternyata Salah Sasaran

Keracunan daging penyu bisa berdampak fatal pada anak-anak, orang tua, bahkan pada orang dewasa yang lebih sehat.

Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab daging penyu beracun. Namun badan amal Turtle Foundation menduga hal itu berkaitan dengan ganggang beracun yang dimakan oleh penyu.

Peristiwa keracunan setelah memakan daging penyu juga pernah terjadi di Madagaskar pada Maret 2021 lalu. Dilaporkan, sebanyak 19 orang termasuk 9 anak-anak meninggal usai menyantap daging penyu. 

Di Indonesia sendiri kasus yang sama juga pernah terjadi di wilayah Mikronesia, dan pulau-pulau di Samudra Hindia, India.

Pada 2018, sebanyak 104 di Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat keracunan setelah menyantap daging penyu. Tiga orang di antaranya meninggal dunia.

Dalam catatan Dinas Kesehatan Sumatra Barat pada rentang waktu mulai 2005 hingga 2018 terjadi sembilan peristiwa keracunan daging penyu di Kepulauan Mentawai. Ada 30 orang meninggal dunia. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])