6 Anak di Senegal Tewas Akibat Menabrak Ranjau Tua

Nusantaratv.com - 24 Oktober 2021

Ilustrasi ranjau yang ditanam ke dalam tanah/ist
Ilustrasi ranjau yang ditanam ke dalam tanah/ist

Penulis: Ramses Manurung

Casamance, Nusantaratv.com-Enam remaja di Senegal dilaporkan tewas setelah kereta kuda yang mereka tumpangi menabrak ranjau tua. Ranjau tua sisa dari peperangan itu muncul ke permukaan tanah akibat hujan di wilayah Casamance selatan Senegal. 

Wilayah Casamance merupakan tempat terjadinya pertempuran yang menewaskan ribuan orang pada 1982. Ranjau yang menewaskan 6 remaja itu diyakini sebagai sisa 
dari pertempuran saat itu. 

Menurut Wali kota sub-prefektur Sindian Yankouba Sagna ledakan ranjau tua itu terjadi pada Jumat (22/10/2021) sore waktu setempat, di desa Kandiadiou, dekat perbatasan Gambia. 

"Sebuah kereta menabrak ranjau," kata Yankouba Sagna. 

"Itu (kereta kuda) membawa anak-anak muda yang kembali dari shalat Jumat," terangnya. 

Baca juga: Masjid di Afghanistan Dibom Saat Salat Jumat, 50 Orang Tewas

Yankouba menjelaskan ranjau yang meledak dan menewaskan 6 remaja itu bukan ranjau yang diletakkan baru-baru ini. Ranjau itu merupakan ranjau tua yang sudah tertanam sejak lama di ladang. Saat hujan, ranjau tua itu muncul. 

"Kami selalu meminta agar area tersebut dibersihkan dari ranjau," ujar Yankouba, mengutip kompascom, Minggu (24/10/2021). 

Meskipun ada upaya untuk membersihkan ranjau tua yang dikubur oleh pasukan militer dan pemberontak selama konflik separatisme, ranjau tua masih terus merenggut nyawa warga sipil.

Presiden Senegal Macky Sall  menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])