Afghanistan Dapat Bantuan, Taliban Berterima Kasih

Nusantaratv.com - 18/09/2021 01:44:08

Taliban. (Net)
Taliban. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Taliban berterima kasih kepada dunia lantaran telah menjanjikan bantuan senilai ratusan juta dolar untuk Afghanistan. Taliban berjanji menggunakan uang donor itu dengan bijak untuk mengatasi kemiskinan di negara tersebut.

"Emirat Islam akan melakukan yang terbaik untuk memberikan bantuan ini kepada orang-orang yang membutuhkan dengan cara yang transparan," kata Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi, dikutip dari AFP.

Muttaqi mengatakan Afghanistan telah menerima bantuan dari negara-negara seperti Pakistan, Qatar dan Uzbekistan.

Selain Muttaqi juga mengungkap dia sudah mengadakan diskusi dengan duta besar China terkait vaksin Covid-19. China disebut menjanjikan US$15 juta untuk Afghanistan.

Muttaqi juga meminta agar Amerika Serikat ikut memberikan bantuan kepada Afghanistan.
     
"Amerika adalah negara besar, mereka harus memiliki hati yang besar," kata Muttaqi.

Sejak Afghanistan diambil alih oleh Taliban, Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional menghentikan akses pendanaan ke Afghanistan. Amerika Serikat juga membekukan uang tunai untuk Afghanistan.

Masyarakat Afghanistan kini dalam situasi yang mengkhawatirkan. Warga Afghanistan dikabarkan terpaksa menjual barang-barang rumah tangga mereka untuk mengumpulkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan pokok. Pasar barang bekas yang menjamur ramai dikunjungi di pusat kota.

Dalam konferensi bantuan untuk Afghanistan pada Senin (13/9/2021), PBB menjanjikan total US$1,2 miliar dari negara-negara di seluruh dunia untuk Afghanistan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Presiden Joko Widodo-1631954874
ISIS-1631790776