Sebelum Akhir Tahun, Biden-Xi Jinping Bakal Ketemu

Nusantaratv.com - 07 Oktober 2021

Biden dan Xi Jinping. (Net)
Biden dan Xi Jinping. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bakal bertemu secara virtual sebelum akhir tahun ini. Informasi ini diungkap oleh seorang pejabat senior AS pada Rabu (6/10/2021).

Pertemuan virtual tersebut diumumkan usai Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bertemu di Zurich dengan diplomat top China, Yang Jiechi.

"Ada kesepakatan yang prinsip untuk melakukan bilateral virtual meeting," ujar dikutip dari AFP, Kamis (7/10/2021).

Pejabat itu menambahkan Biden senang akan bertemu dengan Xi. Apalagi, mereka sudah tak bertemu dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami berharap mereka memiliki kemampuan untuk bertemu satu sama lain, meskipun hanya secara virtual.

Sebagai informasi, ketegangan hubungan AS dengan China meningkat belakangan ini. Peningkatan ketegangan dipicu sikap agresif China terhadap Taiwan, keputusan AS untuk menjual kapal selam nuklir ke Australia, sengketa perdagangan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uyghur di Xinjiang.

Sementara itu, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan dia akan segera berbicara dengan rekannya dari China, karena perselisihan perdagangan besar-besaran terus berlanjut tanpa akhir yang terlihat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])