Ledakan di Rumah Sakit Militer Kabul Tewaskan 19 Orang

Nusantaratv.com - 02 November 2021

19 orang tewas akibat ledakan di rumah sakit militer di Kabul/ist
19 orang tewas akibat ledakan di rumah sakit militer di Kabul/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kabul, Nusantaratv.com-Sedikitnya 19 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat dua ledakan yang terjadi di rumah sakit militer di Kabul, Afganistan

Seorang saksi mata juga melaporkan adanya penembakan di kompleks rumah sakit militer bernama Sardar yang diguncang ledakan tersebut.

"Sembilan belas jenazah dan sekitar 50 orang yang luka-luka telah dilarikan ke rumah sakit di Kabul," tutur seorang pejabat Kementerian Kesehatan Afghanistan, Selasa (2/11/2021).

Ledakan ini menambah panjang rentetan serangan yang melanda Afganistan pasca berkuasanya kembali Taliban sejak Agustus 2021 lalu. Rentetan serangan mematikan ini juga menyulitkan Taliban yang sedang berupaya menciptakan stabilitas keamanan di Afganistan. Kelompok Islamic State of Iraq and Syria-Khorasan (ISIS-K) kerap disebut sebagai biang keladi di balik aksi teror yang melanda Afganistan.

Baca juga: Gara-gara Musik Acara Pernikahan di Afganistan Ditembaki Taliban, 3 Orang Tewas

Namun, terkait ledakan di rumah sakit militer Sardar Kota Kabul belum ada kelompok maupun pihak tertentu yang mengklaim bertanggung jawab.

"Saya ada di dalam rumah sakit. Saya mendengar suara ledakan besar dari pos pemeriksaan pertama. Kami diberitahu untuk pergi ke ruang aman. Saya juga mendengar suara tembakan," tutur seorang dokter di dalam rumah sakit tersebut, mengutip detikcom.

"Saya masih bisa mendengar suara tembakan di dalam gedung rumah sakit. Saya pikir para penyerang mendatangi kamar-kamar... seperti pertama kali saat ini diserang," imbuhnya.

Ini menjadi serangan mematikan kedua yang pernah terjadi di rumah sakit militer tersebut. Karena sebelumnya rumah sakit militer itu juga pernah diserang tahun 2017, saat sekelompok pria bersenjata menyamar menjadi personel medis dan menewaskan sedikitnya 30 orang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])