Joe Biden Serukan Kemerdekaan Palestina di Sidang Umum PBB

Nusantaratv.com - 22 September 2021

Presiden AS Joe Biden saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB/ist
Presiden AS Joe Biden saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Washington, Nusantaratv.com-Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan hal yang cukup mengejutkan terkait Palestina dalam forum Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Selasa (21/9/2021). Biden menyerukan kemerdekaan Palestina. Ditegaskan, Palestina yang berdaulat dan demokratis menjadi 'cara terbaik' untuk memastikan masa depan Israel.

"Kita harus mengupayakan masa depan yang lebih besar untuk perdamaian dan keamanan bagi semua rakyat di Timur Tengah," kata Biden dalam pidatonya mengutip detik, Rabu (22/9/2021). 

"Komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel tidak perlu dipertanyakan dan dukungan kami untuk sebuah negara Yahudi independen tidak diragukan lagi," imbuhnya.

Baca juga: Konflik Israel-Palestina, MPR-Parlemen Turki Minta PBB Keluarkan Resolusi

Biden meyakini bahwa solusi dua negara menjadi cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara demokratis Yahudi, hidup dalam damai berdampingan dengan negara Palestina yang bersemangat, berdaulat dan demokratis.

"Kita masih jauh dari tujuan itu pada saat ini tapi kita seharusnya tidak pernah membiarkan diri kita menyerah pada kemungkinan kemajuan," tandasnya.

Biden juga menyebut dunia tengah menghadapi 'dekade yang menentukan'. Dia menyerukan semua pemimpin dunia untuk bekerja bersama dalam memerangi pandemi virus covid-19 yang merajalela, perubahan iklim global dan ancaman siber.

Pada kesempatan tersebut, Biden juga mengumumkan bahwa AS akan menggandakan komitmen finansialnya untuk bantuan iklim dan mengucurkan US$ 10 miliar untuk memerangi kelaparan di berbagai belahan dunia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])