Akun Kantor Berita RT Dihapus, Rusia Ancam Blokir YouTube

Nusantaratv.com - 30 September 2021

Russia Today. (Net)
Russia Today. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Rusia mengancam memblokir YouTube. Ini akan dilakukan usai mereka menghapus akun milik kantor berita yang didukung pemerintah negara itu, Russia Today (RT), dari situsnya.

Regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor, menjelaskan mereka sudah melayangkan surat protes ke perusahaan pemilik YouTube, Google, terkait penghapusan akun RT berbahasa Jerman tersebut.

Sebagaimana dilansir Reuters, Rusia mengancam bakal melarang total atau sebagian akses YouTube jika mereka tak memenuhi tuntutan Kremlin. Reuters sudah meminta tanggapan dari Google, tapi ditolak.

Kisruh ini bermula ketika YouTube menghapus kanal RT yang berbahasa Jerman pada Selasa (28/9/2021) karena melanggar kebijakan kesalahan informasi mengenai Covid-19.

Perwakilan YouTube mengatakan kepada media Jerman bahwa mereka sudah melayangkan peringatan ke RT karena melanggar pedoman disinformasi mengenai Covid-19. Mereka pun terpaksa menutup dua kanal.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyatakan bahwa sensor yang dilakukan YouTube ini melanggar hukum Rusia.

"Tak boleh ada toleransi sedikit pun atas pelanggaran tersebut," tutur Peskov, seperti dikutip AFP.

Lebih jauh, Kementerian Luar Negeri Rusia menuding bahwa keputusan YouTube ini didukung oleh pemerintah dan media-media di Jerman.

Kemlu Rusia pun menyatakan bahwa mereka akan menyusun "proposal untuk mengembangkan dan mengambil langkah balas dendam terhadap YouTube dan media Jerman."

Namun, pemerintah Jerman membantah bahwa mereka terlibat dalam keputusan YouTube untuk menghapus akun RT tersebut.

"Itu merupakan keputusan YouTube berdasarkan aturan yang dibuat YouTube. Ini bukan langkah yang diambil pemerintah Jerman atau pejabat lain," ucap juru bicara pemerintah Jerman, Steffan Seibert, sebagaimana dilansir Reuters.

Kisruh ini menambah panjang perseteruan antara pemerintah Rusia dan perusahaan teknologi komunikasi, terutama media sosial.

Dalam beberapa tahun belakangan, Rusia terus menekan perusahaan-perusahaan media sosial yang tak mau menghapus konten yang mereka anggap ilegal.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])