Duh! 1.826 Prajurit Tertular HIV/AIDS dalam 10 Tahun Terakhir

Nusantaratv.com - 03/12/2021 18:25

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa/ist
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

Jayapura, Nusantaratv.com-Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkap fakta mengejutkan tentang jumlah prajurit yang terinfeksi virus HIV/AIDS. Disebutkan, ada 1.826 orang yang terjangkit HIV/AIDS dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Andika mengatakan akan terus mendampingi pengobatan para prajurit tersebut.

Andika menyatakan tak perlu merasa malu membeberkan hal ini ke publik karena seperti itulah faktanya.

"Kami tidak perlu malu mengungkapkannya karena faktanya kami punya prajurit yang terinfeksi virus tersebut," kata Andika di Jayapura, Papua, Rabu (1/12).

Andika kembali menegaskan TNI terus mendampingi prajurit dan keluarganya agar bisa menjalani pengobatan dengan disiplin. Dikatakan, prajurit yang terinfeksi HIV/AIDS diberi fasilitas kesehatan TNI AD.

Baca juga: Cegah Covid-19, Pfizer Mulai Studi Tahap Akhir Pil Antivirus

Lebih lanjut Andika menjelaskan prajurit yang terpapar HIV/AIDS perlu pengobatan yang teratur untuk menaikkan harapan hidupnya. Meskipun hingga kini belum HIV/AIDS belum ada obatnya, sambung Andika, tetapi obat terapi saat ini dapat memberikan daya tahan bagi prajurit TNI yang berstatus orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Idealnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dilakukan setiap tahun. Namun hal itu belum dapat dilakukan karena keterbatasan anggaran," ucap Andika, mengutip detikcom, Jumat (3/12/2021).

Ia menambahkan prajurit ODHA yang hendak bertugas yang mendapat fasilitas kesehatan. Di samping itu, pihaknya juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan sepulangnya si prajurit dari penugasan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in