Tahun Depan, Hyundai Uji Mobil Otonom Level 4

Nusantaratv.com - 26/11/2021 07:46

Hyundai Ioniq 5 2021. (Auto Express)
Hyundai Ioniq 5 2021. (Auto Express)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hyundai Motor Co., mengatakan mereka akan melakukan uji coba mobil otonom Level-4 di Seoul, Korea Selatan (Korsel), pada semester pertama 2022.

Langkah itu dilakukan Hyundai guna mendorong keunggulan layanan mobilitas di masa depan, seperti dikutip dari kantor berita Yonhap, Jumat (26/11/2021).

Hyundai mengungkapkan rencana tersebut pada pekan ini di ajang Seoul Mobility Show 2021. Mereka memulai uji coba layanan RoboRide menggunakan kendaraan self-driving Level 4 di jalan-jalan di zona yang ditentukan di pusat kota Seoul.

Kendaraan otonom Level 4 berarti mobil dapat beroperasi hampir secara independen dengan sedikit intervensi atau kontrol oleh pengemudi. Teknologi ini dirancang untuk menangani situasi yang tidak terduga, seperti kegagalan sistem, meskipun pengemudi manusia masih dapat mengambil kembali kemudi secara manual.

"Operasi yang direncanakan akan membantu memverifikasi dan memajukan teknologi self-driving," kata Hyundai.

Hyundai juga meluncurkan rendering kendaraan otonom, yang akan dibuat berdasarkan model SUV listrik Ioniq. "Kami sedang mengembangkan teknologi otonom penuh yang tidak memerlukan intervensi pengemudi, berdasarkan teknologi self-driving yang telah diverifikasi dan diterapkan pada model yang ada," kata Jang Woong-jun, Kepala Divisi Mengemudi Otonom Hyundai.

"Kami berencana untuk segera memperkenalkan layanan pengiriman robo yang akan mendorong efisiensi logistik," lanjut Jang.

Produsen mobil utama Korsel itu juga mengungkapkan sedang bekerja untuk menambahkan lebih banyak fungsi ke self-driving Level 4, seperti kemampuan untuk terhubung dari jarak jauh ke pusat kendali untuk dukungan jika terjadi keadaan darurat di jalan.

"Sistem pengenalan diri yang mendeteksi bus sekolah atau ambulans baik dari bentuk atau suaranya untuk memberi jalan juga sedang dikembangkan," jelas Hyundai.

Tahun depan, Hyundai mengatakan pihaknya berencana untuk merilis kendaraan listrik Ioniq 6, dan truk tugas berat sel bahan bakar Xcient dan bus listrik lantai rendah Elec City di Korsel.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in