Spesial Report Popularitas Capres Pasca Debat, Gun gun Nilai Ganjar Pranowo Tampil Lebih Siap

Nusantaratv.com - 10 Januari 2024

Spesial Report Popularitas Capres Pasca Debat
Spesial Report Popularitas Capres Pasca Debat

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Debat calon presiden (Capres) 2024 beberapa waktu lalu masih menyisakan cerita lewat pandangan-pandangan dari para pakar politik di Indonesia.

Seperti yang disajikan Nusantara TV kali ini pada program "Spesial Report Popularitas Capres Pasca Debat" dimana Pakar Komunikasi Politik Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto yang memberikan pandangannya kepada tiga calon presiden 2024.

Gun gun mengatakan, tema debat yang diusung kemarin sebenarnya sudah dikuasi oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Namun, hal itu dipastikan menjadi titik tekan dan serangan dari kedua capres lainnya, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Soal geopolitik soal keamanan nah itu kan dimiliki sebenarnya Pak Prabowo karena sebagai Menhan, maka kemudian yang menjadi titik tekan dari serangan itu Pak Prabowo sehingga kalau kita lihat Pak Anies dari awal lewat kekuatan diksinya dia serang bapak Prabowo. Bahkan dari sejak segmen pertama dan semakin artikulatif pada saat misalnya segmen ke-4 dan ke-5," kata Gun gun di Studio Nusantara TV, Rabu (10/1/2024).

"Kalau kita lihat di situlah letak kebiasaan dalam berdebat itu biasanya ditentukan oleh tiga hal karena narasinya kemudian manajemen forumnya ya kemudian yang ketiga tentu terhubung juga dengan segmen audience yang disasar dari pesan-pesan yang kemudian mereka sampaikan," sambungnya.

Gun gun juga menilai serangan yang dilakukan oleh capres nomor urut 1, Anies Baswedan kepada capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat debat kemaren kurang menggigit atau kurang tepat sasaran.

Sebab gaya yang diperlihatkan Anies Baswedan pada debat kemaren tak memperlihatkan kharisma seorang pemimpin.

"Anies Baswedan menurut saya kurang berhasil ya, karena biasanya dia mampu menjaga ritme dan jarang sekali offensive berlebihan. Kemarin itu jika kita lihat kecenderungan dari semua segmen Anies Baswedan menyerang itu sebenarnya bukan khas dari gaya Anies," jelas Gun Gun.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close