Wabah Flu Burung Landa Israel, Tewaskan 2.000 Bangau Liar

Nusantaratv.com - 27 Desember 2021

Ilustrasi flu burung. (The News)
Ilustrasi flu burung. (The News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wabah flu burung menewaskan lebih dari 2.000 burung bangau liar di sebuah cagar alam di Israel utara.

Jumlah bangau yang mati itu terbilang luar biasa tinggi untuk flu musiman. Pakar di Otoritas Taman dan Alam Israel, Ohad Hatsofe mengatakan kepada AFP, selain 2.000 burung yang mati, 10.000 lainnya diyakini terinfeksi flu burung.

Sementara itu, ilmuwan senior di Otoritas Taman dan Alam Israel, Uri Naveh menambahkan, virus itu melanda Israel setiap tahun, tapi wabah tahun ini jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Naveh menyatakan jumlah burung bangau yang mati itu 'luar biasa'. Setiap tahun, sekitar 100.000 bangau liar mendatangi Israel sejak Oktober, sebagian besar singgah di Semenanjung Hula, titik penting dalam jalur migrasi burung-burung yang menuju Afrika itu.

Lebih dari 40.000 burung bangau diperkirakan masih ada di daerah tersebut. Kementerian Pertanian Israel melaporkan flu burung H5N1 telah dideteksi di sejumlah populasi ayam di Israel utara.

Kementerian itu telah menangguhkan penjualan telur dari pertanian yang terimbas. H5N1 jarang menulari manusia, tapi pernah ada beberapa wabah di masa lalu.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])