Volvo Recall Sejumlah Kendaraan Karena Potensi Kegagalan ABS dan ESC

Nusantaratv.com - 25 September 2021

Volvo-XC60. (Carscoops)
Volvo-XC60. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Volvo melakukan penarikan kembali (recall) terhadap sejumlah kendaraan mereka di Amerika Serikat (AS) karena masalah yang dapat menonaktifkan ABS dan ESC.

Dokumentasi resmi penarikan mengungkapkan unit hidrolik model hibrida Volvo tertentu dapat memiliki pengelasan antara poros rotor motor listrik dan paket magnet (armature) yang dapat hilang sebagian atau seluruhnya. 

Cacat ini dapat mengakibatkan kegagalan jika segmen magnet tidak cukup dilas dan menyebabkan slip antara poros motor dan paket magnet.

Baca Juga: Suku Cadang Bermasalah, 300 Kendaraan Kena Recall

Masalahnya kemungkinan besar muncul terjadi dalam situasi ketika torsi tinggi dari motor listrik. Kegagalan dapat menyebabkan booster rem berhenti bekerja dan menonaktifkan ABS, ESC, dan semua fungsi kontrol hidraulik lainnya, selain sistem distribusi gaya rem Elektronik (EBD) Volvo.

Motor listrik bersumber dari Continental, yang mampu mempersempit sejumlah kecil unit yang terkena dampak berdasarkan nomor serinya. Dengan demikian, Volvo hanya perlu menarik sembilan kendaraan di AS.

Kendaraan yang terdampak penarikan yakni Volvo S90L 2021 yang diproduksi antara 2 November 2020 dan 12 Desember 2020, model Volvo XC60 2020-2021 yang diproduksi antara 14 Juni 2019 dan 8 Maret 2021, dan model Volvo XC90 2020-2021 yang diproduksi antara 16 Mei 2019 dan 27 November 2020.

Volvo memberi tahu diler tentang penarikan tersebut pada 15 September dan akan memberi tahu pemilik kendaraan pada 12 November. Guna mengatasi masalah ini, diler Volvo hanya akan mengganti unit hidraulik yang terkena dampak secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])