Toyota Setop Produksi Yaris di India, Ini Sebabnya

Nusantaratv.com - 04 Oktober 2021

Toyota Yaris. (CarDekho)
Toyota Yaris. (CarDekho)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal Jepang, Toyota, memutuskan menghentikan produksi dan penjualan Yaris di India. 

Langkah tersebut diambil akibat minimnya peminat Yaris di negeri Bollywood itu, seperti dikutip dari Carscoops, Senin (4/10/2021). Toyota meluncurkan Yaris dalam versi sedan di India pada 2018.

Dalam waktu tiga tahun itu, Toyota berhasil menjual 19.784 unit Yaris di India. Sayangnya, jumlah tersebut tidak cukup bersaing, karena pasar didominasi merek lain seperti Honda City, Hyundai Verna dan Maruti Suzuki Ciaz.

Namun sepertinya kebiasaan pelanggan yang mulai beralih ke mobil jenis SUV (sport utility vehicle), dinilai lebih praktis karena bisa dibawa kemana saja. Ini kemungkinan yang juga menjadi salah satu alasannya.

Baca Juga: Januari-September 2021, Penjualan Kendaraan Toyota Ungguli GM di AS

"Toyota Kirloskar Motor mengumumkan penghentian Yaris di India mulai 27 September 2021. Langkah ini merupakan bagian dari strategi produk Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang, melalui peningkatan teknologi dan penawaran produk," kata juru bicara Toyota.

Kendati produksinya sudah disetop, namun Toyota meyakinkan pemilik yang telah membeli Yaris tidak perlu khawatir karena suku cadang untuk Yaris sedan akan tetap tersedia setidaknya selama 10 tahun.

Di India, Yaris dibekali mesin bensin berkapasitas 1.496 cc, yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 107 dk dan torsi 140 Nm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi CVT ke penggerak roda depan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])