Terkait Fitur Game, AS Buka Penyelidikan Terhadap 580.000 Kendaraan Tesla

Nusantaratv.com - 23 Desember 2021

Ilustrasi mobil listrik Tesla. (CarDekho)
Ilustrasi mobil listrik Tesla. (CarDekho)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Regulator keselamatan mobil Amerika Serikat (AS) pada Rabu (22/12/2021) mengatakan mereka telah membuka penyelidikan keamanan formal terhadap 580.000 kendaraan Tesla yang dijual sejak 2017 atas keputusan produsen mobil listrik itu untuk mengizinkan permainan dimainkan di layar sentuh tengah depan.

Dikutip dari Reuters, Kamis (23/12/2021), Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS mengatakan evaluasi pendahuluannya mencakup berbagai kendaraan Tesla Model 3, S, X, dan Y produksi 2017-2022.

Fungsionalitas ini, yang disebut sebagai 'Passenger Play', kata NHTSA, bisa  mengalihkan perhatian pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

NHTSA mengatakan telah mengonfirmasi jika kemampuan ini telah tersedia sejak Desember 2020 di kendaraan yang dilengkapi Tesla 'Passenger Play'." Sebelumnya, fitur game hanya diaktifkan saat kendaraan berada di Taman.

Tesla tidak segera berkomentar. NHTSA mengatakan akan mengevaluasi aspek fitur, termasuk frekuensi dan skenario penggunaan Tesla 'Passenger Play'.

Awal bulan ini, New York Times menyoroti fitur game, mendorong NHTSA untuk mengatakan mereka sedang berdiskusi dengan Tesla mengenai hal itu. Badan tersebut mencatat sebelumnya pada Desember jika mengemudi yang terganggu menyumbang sejumlah besar kematian di jalan AS, yakni sekitar 3.142 pada tahun 2019 saja. 

Pendukung keselamatan mengatakan angka resmi meremehkan masalah ini karena tidak semua pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan kemudian mengakui jika mereka terganggu.

Surat kabar itu mengatakan Tesla menambahkan tiga permainan, yakni solitaire, jet tempur dan skenario strategi penaklukan, dan mengatakan jika kendaraan memiliki peringatan yang berbunyi: "Bermain saat mobil sedang bergerak hanya untuk penumpang".

Surat kabar itu juga menyebutkan fitur permainan meminta konfirmasi jika pemain adalah penumpang, meskipun pengemudi masih bisa bermain hanya dengan menekan sebuah tombol.

Pada 2013, NHTSA mengeluarkan pedoman untuk mendorong produsen mobil agar mempertimbangkan keselamatan dan pencegahan gangguan pengemudi ke dalam desain mereka dan adopsi perangkat infotainment di kendaraan.

Pedoman tersebut "merekomendasikan agar perangkat di dalam kendaraan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat digunakan oleh pengemudi untuk melakukan tugas-tugas sekunder yang mengganggu saat mengemudi," kata badan tersebut.

Pada Agustus, badan tersebut membuka penyelidikan keselamatan ke 765.000 kendaraan Tesla atas sistem bantuan pengemudi Autopilot setelah serangkaian kecelakaan yang melibatkan sistem dan kendaraan darurat yang diparkir.

Evaluasi awal adalah langkah pertama sebelum NHTSA memutuskan apakah akan meningkatkan penyelidikan ke analisis teknik, yang harus dilakukan sebelum agensi dapat meminta penarikan kembali.

NHTSA mengatakan menerima keluhan pada November mengenai fitur permainan dari pengemudi Tesla Model 3 di Oregon, yang mengatakan: "Membuat gangguan berbahaya bagi pengemudi adalah kelalaian yang ceroboh".

Pada 29 November, Mercedes-Benz Daimler menarik 227 kendaraan di AS, yakni S580 (model 2021), EQS450 (model 2022), EQS580 (model 2022), dan S500 (model 2022), karena sistem infotainment kendaraan 'mungkin memungkinkan aktivasi layar televisi dan internet saat mengemudi, menyebabkan gangguan bagi pengemudi'.  

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])