Terjadi Perbaikan, Tidak Ada PPKM Level 4 di 27 Provinsi Luar Jawa-Bali

Nusantaratv.com - 11 Oktober 2021

Airlangga Hartarto/ist
Airlangga Hartarto/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menginformasikan perkembangan terbaru penanganan pandemi covid-19 di luar Jawa-Bali. Dikatkan, saat ini tidak ada provinsi yang menerapkan PPKM level 4 di 27 provinsi luar Jawa-Bali. Bahkan sudah ada 2 provinsi yang menerapkan PPKM level 1, yaitu di Kepri dan NTB.

"Assessment terjadi perbaikan secara minggu per minggu dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali tidak ada di level 4, sudah tidak ada lagi, 3 provinsi di level 3, 22 provinsi di level 2, serta 2 provinsi di level 1 yaitu Kepri dan NTB," kata Airlangga mengutip detik, Senin (11/10/2021).

Khusus untuk transmisi komunitas dari 27 provinsi, sambung Airlangga, sebanyak 3 provinsi di level tingkat 2, sedangkan 24 provinsi di level tingkat 1. Sementara itu pada minggu ini terjadi penurunan di 2 provinsi yaitu di Bangka Belitung dan NTB.

Sementara berdasarkan data assessment mingguan di kabupaten/kota di provinsi luar Jawa-Bali, dari 386 kabupaten/kota terdapat 1 kabupaten/kota masih di level 4 dan 38 kabupaten/kota di level 3, terdapat 278 kabupaten/kota di level 2, 69 kabupaten/kota di level 1.

"Dari assessment yang masih naik hanya 1 kota, yaitu kota Sabang, karena data mengenai jumlah kematian yang masih ada peningkatan," kata Airlangga.

Baca juga: PPKM di Luar Jawa-Bali juga Diperpanjang Hingga 18 Oktober 2021

Airlangga menambahkan daerah kabupaten/kota yang saat ini menerapkan PPKM level 1 juga terus meningkat dari 52 kabupaten/kota menjadi 69 kabupaten/kota.

"Kemudian di 6 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa-Bali, dibandingkan periode minggu lalu di 5 Oktober, terdapat 2 kabupaten yang turun levelnya atau mengalami perbaikan, yaitu di kota Padang dan Banjarmasin," ungkapnya.

Tak hanya itu, positivity rate di 5 kabupaten turun, seperti di Pidie, Bangka Belitung, Padang, Bulungan, dan Tarakan.

Diketahui, sebelumnya saat mengumumkan perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali pada 4 Oktober 2021 lalu, Airlangga menyebutkan ada 6 daerah yang masih menerapkan PPKM Level 4. 

Keenam daerah itu adalah Kabupaten Pidie, Aceh, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Kota Padang, Sumatera Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dan Kota Tarakan di Kalimantan Utara. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])