Tak Ingin ke Rumah Sakit? Coba Rutin Makan Sayur Daun Katuk, Ini Beberapa Manfaatnya

Nusantaratv.com - 23/11/2021 14:14

Daun Katuk (harianresep.blogspot.com)
Daun Katuk (harianresep.blogspot.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Tidak sedikit ibu-ibu yang mengetahui manfaat daun katuk tapi tidak tahu cara memasaknya karena tidak tahu resepnya. 

Daun katuk adalah sayuran dengan segudang manfaat. Daun katuk mengandung vitamin A, B, C, K, betakaroten, Kalsium, fosfor dan serat. Selain itu kandungan polifenol dan steroid pada daun katuk dapat meningkatkan prolaktin, hormon pelancar ASI.

Biasanya daun katuk diolah menjadi sayur bening dengan ditambah jagung dan tomat. Rasa daun katuk memang sedikit pahit tidak seperti bayam dan kangkung.
 
Namun, di balik rasa pahitnya, ada manfaat daun katuk yang nyesel kalau kita lewatkan.

Apalagi bagi para ibu menyusui, mengonsumsi daun katuk setelah melahirkan menjadi menu wajib untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Mengenal Kanker Paru-paru Penyebab Meninggalnya Verawaty Fajrin

Dikarenakan kandungan dalam katuk adalah sterol yang memiliki sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI.

Maka tak heran jika para ibu menyusui memiliki ASI yang melimpah setelah makan katuk.

Kalau ada sayur daun katuk di meja makan, mulai sekarang jangan lupa untuk dimakan ya! Karena daun katuk untuk kesehatan ternyata gak main-main khasiatnya!

Coba deh mulai sekarang rutin makan daun katuk, jangan kaget kalau kita bisa dapatkan perubahan ini dalam seminggu.

Manfaat Daun Katuk

Sayuran dengan nama latin Sauropus Androgynous ini berwarna hijau pekat dan sangatlah mudah untuk dikenali karena bentuknya kecil dan ada corak di tengahnya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, daun katuk dapat dibuat sup atau dijadikan lalapan.

Selain melancarkan ASI, dikutip dari drhealthbenefits daun katuk juga memiliki manfaat kesehatan bagi kesehatan. Kalsium yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, hal ini baik untuk mencegah oseoporosis.

Baca Juga: Sruput Kopi atau Teh Tidak Boleh Lebih dari Empat Cangkir, Kenapa?

Kandungan kalsium dan kalium besi dalam katuk setara dengan vitamin yang terkandung dalam bayam.

Lalu, apa saja manfaat dari makan daun katuk untuk kesehatan ini?

Berikut ini beberapa manfaat daun katuk jika dikonsumsi setiap hari seperti dikutip dari sajiansedap.grid.id di bawah ini:

1. Obati Influenza

Daun katuk juga bisa menjadi pengobatan penyakit influenza. Kandungan efedrin dalam katuk inilah yang sangat baik untuk penderita influenza.

2. Atasi Anemia

Zat besi pada katuk dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia. Daun katuk juga kaya akan vitamin A, B1, dan vitamin C. Senyawa fotokimia seperti tanin, saponin dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai obat alami.

Baca Juga: Ingin Miliki Wajah Halus dan Glowing? Begini Caranya..

3. Menjaga Kesehatan Mata

Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata, maka segeralah konsumsi daun katuk. Daun yang banyak dikonsumsi para ibu menyusui ini kaya akan betakaroten dan vitamin A yang dipercaya dapat membantu mencegah gangguan pada mata.

4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pada sperma

Untuk para pria daun ini sangatlah baik untuk kesehatan. Dalam katuk terdapat zat aktif yang dapat merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron dan testosteron.

Jika dikonsumsi secara teratur bisa membangkitkan vitalitas seksual, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pada sperma.

Nah, itulah beberapa khasiat dari makan daun katuk. Jadi, bisakan ya makan sayur daun katuk mulai sekarang. Semoga bermanfaat.


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in