Sruput Kopi atau Teh Tidak Boleh Lebih dari Empat Cangkir, Kenapa?

Nusantaratv.com - 17/11/2021 09:43

Ilustrasi minuman kopi. (Istimewa)
Ilustrasi minuman kopi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Meminum empat cangkir kopi atau teh bisa memberikan efek positif pada otak manusia. Hal itu didasarkan pada penelitian terbaru.

Ya, rutin mengonsumsi minuman kopi atau teh dalam jumlah sedang bisa menekan risiko demensia. Yakni penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Penelitian yang dilakukan Dr Yuan Zhang, dari Tianjin Medical University, China, menyebutkan penggemar kopi atau teh tidak boleh minum lebih dari empat cangkir sehari.

Bila kopi atau teh dikonsumsi lebih dari empat cangkir sehari, justru akan menghilangkan manfaatnya. Penelitian lain mengungkapkan seseorang yang terbiasa mengonsumsi minuman hangat secara teratur juga mengurangi tingkat stroke sekitar sepertiga.

Ini juga mengurangi separuh jumlah kasus demensia setelah stroke, para peneliti menemukan. Temuan ini berasal dari penelitian terhadap 365.682 pria dan wanita Inggris berusia 50 hingga 74 tahun di atas 15 tahun.

"Konsumsi kopi dan teh dalam jumlah sedang secara terpisah atau dalam kombinasi dikaitkan dengan risiko stroke dan demensia yang lebih rendah,' jelas Dr Yuan Zhang, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (17/11/2021).

Minuman ini kaya akan bahan kimia tumbuhan yang disebut flavonoid yang meningkatkan aliran darah ke otak. Kopi atau teh juga meredam peradangan dan menghancurkan protein jahat yang disebut amiloid-beta yang merusak neuron.

Peserta yang minum dua atau tiga cangkir kopi dan teh yang sama setiap hari memiliki risiko demensia dan stroke masing-masing 28 dan 32 persen lebih rendah.

Demensia mempengaruhi 920.000 orang di Inggris, angka yang akan meningkat menjadi dua juta pada 2050. Stroke merenggut 38.000 jiwa setiap tahun.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in