Regulator Kesehatan Brasil Minta Bolsonaro Cabut Kritik Soal Vaksin

Nusantaratv.com - 10 Januari 2022

Presiden Brasil Jair Bolsonaro diminta mencabut kritik soal vaksin. (Net)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro diminta mencabut kritik soal vaksin. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kepala regulator kesehatan Brasil, Anvisa, meminta Presiden Jair Bolsonaro yang skeptis akan vaksin untuk menarik pernyataannya yang mengkritisi instansi itu karena mengotorisasi pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak-anak.

Dalam sebuah surat kepada Bolsonaro yang diungkap untuk umum pada Sabtu (8/1/2022), purnawirawan Laksamana Muda Antonio Barra Torres meminta presiden untuk membuktikan pernyataannya jika ada 'kepentingan-kepentingan' yang tak diungkap di balik keputusan vaksin itu, atau menarik pernyataannya.

Bolsonaro mengkritisi Anvisa pada Kamis (6/1/2022) karena menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer untuk anak-anak usia 5-11 tahun, karena dia belum pernah mendengar ada anak yang meninggal karena Covid-19.

"Apa di balik ini? Apa kepentingan dari maniak vaksin?" kata Bolsonaro dalam sebuah wawancara radio, seperti dilaporkan Reuters, Senin (10/1/2022).

Bolsonaro adalah seorang pemimpin sayap kanan yang sesumbar tidak mau divaksin dan seringkali meragukan efikasi dan keamanan vaksin Covid-19. Dia mengatakan suntikan itu bisa memiliki efek samping pada anak-anak, tapi Bolsonaro tidak memaparkan bukti lebih lanjut.

Anvisa dan para regulator kesehatan di seluruh dunia telah mendapati bahwa vaksin Covid-19 aman bagi orang-orang berusia lima tahun ke atas. Menurut dewan sekretaris kesehatan negara-negara bagian, sedikitnya 300 anak usia 5-11 tahun telah meninggal dunia di Brasil akibat Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])