Mulai Sekarang Jangan Makan Pisang Campur Susu, Ini Bahayanya

Nusantaratv.com - 11 November 2021

Ilustrasi PIsang dan minuman Susu (mymilk.com)
Ilustrasi PIsang dan minuman Susu (mymilk.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Banyak orang suka mengonsumsi pisang dan susu secara bersamaan. Biasanya kedua bahan ini diolah jadi minuman seperti milkshake. Memang rasanya sangat enak dan bisa menambah energi. 

Namun ternyata mengonsumsi kedua makanan itu secara bersamaan sangatlah tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kami tidak merekomendasikan kombinasi ini karena terbukti sangat berbahaya bagi tubuh,” kata ahli Diet dan Psikolog dari Care For Life, Harish Kumar, seperti dikutip laman Food.ndtv. 

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Flu dan Pile

Jika ingin mengonsumsi pisang dan susu, disarankan untuk tidak bersamaan. Bisa minum susu terlebih dahulu, lalu setelah 20 menit baru makan pisang.

Minuman milshake pisang dapat menghambat proses pencernaan dan mengganggu pola tidur.

“Pisang dengan susu adalah pilihan yang bagus untuk binaragawan dan orang yang ingin menambah berat badan dan membutuhkan energi untuk pekerjaan intensitas tinggi,” jelas kata ahli Nutrisi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora.

Ilustrasi Milkshake Pisang (lifestyle.okezone.com)

Namun, tidak dianjurkan untuk orang dengan alergi seperti asma kIarena menghasilkan lendir yang menyebabkan gangguan pernapasan.

Ayurveda secara ketat menempatkan susu dan pisang dalam daftar makanan yang paling tidak cocok. 

Menurut buku The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies, A Comprehensive Guide to the Ancient Healing of India oleh Vasant Lad, kombinasi buah-buahan dan susu harus benar-benar dihindari. 

Menurut laporan Food Combining oleh Vasant Lad, makan pisang dengan susu bisa menghasilkan racun dan bisa menyebabkan hidung tersumbat, pilek, batuk dan alergi. 

Baca Juga: Semakin Tua, Tinggi Badan Cenderung Menyusut, Kenapa ya

Meskipun kedua makanan ini memiliki rasa manis dan energi pendinginan, efek pasca pencernaannya sangat berbeda. Pisang rasanya asam sedangkan susunya manis. Ini lebih lanjut menyebabkan kebingungan pada sistem pencernaan dan bisa menyebabkan racun, alergi, dan ketidakseimbangan lainnya. 

“Ini adalah kombinasi yang buruk dan dikenal sebagai Viruddh Aahar (kombinasi yang tidak sesuai),” kata kata spesialis Ayurveda, Dr. Vaidya, Dr. Surya Bhagwati. Ini menghasilkan ama, zat beracun yang merupakan akar penyebab ketidakseimbangan dan penyakit dalam tubuh.

Kedua kombinasi ini juga mengganggu flora usus, menyebabkan hidung tersumbat, pilek, batuk, ruam dan alergi, menciptakan reaksi negatif dalam tubuh. Kemudian menghasilkan air tambahan, menyumbat saluran tubuh, dan berkontribusi terhadap penyakit jantung. 

Sumber : jpnn.com


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])