Semakin Tua, Tinggi Badan Cenderung Menyusut, Kenapa ya?

Nusantaratv.com - 11 November 2021

Ilustrasi perubahan tinggi badan (obedputraquetes.blogspot.com)
Ilustrasi perubahan tinggi badan (obedputraquetes.blogspot.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bertambahnya umur itu pasti. Dan seiring dengan bertambahnya umur, perubahan tubuh pun terjadi. 

Saat masih anak-anak, berubah menjadi remaja, lalu dewasa, memiliki tubuh yang gagah dan tegap. Namun semakin tua, tinggi badan mulai menyusut dan agak bungkuk, kenapa demikian ya?

Keterangan yang dilansir dari Hellosehat.com, tubuh menyusut itu benar adanya. Penelitian di Perancis dari 8.600 wanita di atas usia 60 tahun, banyak di antara mereka yang kehilangan tinggi badan sebanyak 5 cm, yang berarti mengalami penyusutan.

Dari penelitian itu karena adanya dehidrasi dan tekanan pada piringan sendi antara tulang belakang. Tulang belakang pun mengalami penuaan, sehingga tulang jadi melengkung, makanya banyak yang akhirnya jadi bungkuk.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan (fraktur kompresi) karena kehilangan kepadatan tulang alias osteoporois. Otot di batang tubuh yang hilang juga bisa alasan kenapa postur membungkuk, bahkan kalau mau melakukan pelurusan badan juga jadi sedikit lebih pendek.

Baca Juga: Kenapa Saat Musim Hujan Tiba, Banyak Orang Kena Flu?

Penyusutan tinggi badan bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Beberapa studi mengatakan bahwa mereka usia 65 lebih yang tingginya menyusut sebanyak 5 - 15 cm selama 20 tahun terakhir, risiko mengalami patah tulang pinggul lebih tinggi, terutama pada pria. Mungkin, itulah kenapa dokter selalu mengukur tinggi badan sebagai bagian tes kesehatan berkala.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentu masa muda sangatlah penting untuk diperhatikan. Pastikan makan makanan yang bergizi, serta yang mengandung vitamin D, dan tetap aktif serta dengan latihan yang bisa memperbaiki postur tubuh seperti yoga, bahkan angkat beban yang mungkin bisa bermanfaat.

Jadi, itulah kenapa orang yang sudah berumur cenderung menyusut tinggi badannya, bahkan membungkuk. Kalau nggak mau demikian, kalian yang masih muda sebaiknya mencegahnya sejak, dini, ya Semoga bermanfaat!

Sumber: M Diadona.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])