Kabel Bermasalah Bisa Picu Kebakaran, 793.000 Nissan Rogue Kena Recall

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Nissan Rogue. (Guide Auto)
Nissan Rogue. (Guide Auto)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Nissan bakal melakukan penarikan kembali (recall) terhadap lebih dari 793 unit Nissan Rogue di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Penarikan itu dikarenakan adanya masalah pada kabel yang mudah terkena air sehingga bisa memicu terjadinya kebakaran pada kendaraan tersebut. Dikutip dari The Associated Press (AP), Kamis (27/1/2022), Nissan Rogue yang terkena dampak merupakan produksi 2014 hingga 2016. Kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) Rogue adalah kendaraan terlaris Nissan di AS.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS mengatakan dalam sebuah dokumen, di mana air dan garam dapat masuk ke konektor kabel di sumur kaki pengemudi sehingga menyebabkan korosi.

Korosi dapat menonaktifkan power window atau power seat pengemudi, menyebabkan lampu peringatan all-wheel-drive menyala, atau menguras baterai. Dokumen pemerintah yang diposting pada Rabu (26/1/2022) mengatakan Nissan memiliki tujuh laporan kebakaran atau 'insiden termal'. Perusahaan mengatakan tidak memiliki laporan cedera terkait permasalahan ini.

Nissan mengatakan pemilik yang kendaraannya memiliki gejala, mencium bau terbakar atau melihat asap harus parkir di luar ruangan dan menghubungi Nissan Roadside Assistance agar kendaraannya bisa segera diderek ke diler.

Penarikan itu terjadi setelah regulator keselamatan Kanada membuka penyelidikan pada Juli 2020. Produsen mobil asal Jepang itu mengatakan sedang mengerjakan perbaikan dan mengharapkan untuk memperbaikinya di musim semi. 

Pemilik kendaraan akan mendapatkan surat pemberitahuan sementara pada Maret mendatang dan akan diberitahu terkait kapan harus membawa Nissan Rogue mereka ke diler untuk diservis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])