Airbag Bermasalah, Nissan dan Mitsubishi Setop Pengiriman Mobil Mini

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Mobil mini Nissan. (Kyodo)
Mobil mini Nissan. (Kyodo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Nissan Motor Co., dan Mitsubishi Motors Corp., menghentikan produksi dan pengiriman sejumlah mobil mini sejak awal bulan Desember 2021.

Hal itu dilakukan setelah produsen mobil asal Jepang itu menemukan potensi masalah dengan airbag yang dipasang di beberapa model, seperti dikutip dari Kyodo, Sabtu (25/12/2021).

Nissan mengatakan tes tabrakan yang dilakukan pada model Nissan Roox menunjukkan airbag mungkin tidak berfungsi dengan baik dalam kondisi tertentu. Terpisah, Mitsubishi mengatakan masalah serupa ditemukan di model eK dan ruang eK X.

Para produsen mobil tidak merinci kondisi apa yang menyebabkan airbag tidak berfungsi dengan baik. Namun, kedua perusahaan mengatakan tidak ada masalah keamanan ketika kendaraan dikendarai secara teratur dan airbag akan berfungsi ketika mereka bertabrakan.

Nissan dan Mitsubishi Motors mengatakan mereka telah menangguhkan produksi, pengiriman dan penjualan tiga model kendaraan mini sejak 3 Desember untuk menyelidiki masalah ini tanpa mengungkapkan batas waktu untuk memulai kembali.

Ketiga model telah diproduksi di bawah usaha patungan antara kedua perusahaan. Model tersebut dikembangkan oleh Nissan dan diproduksi di pabrik Mitsubishi di Prefektur Okayama, Jepang.

Perusahaan mengatakan mereka akan memutuskan apakah akan meluncurkan penarikan kembali (recall) terhadap unit mobil mini ini tergantung pada hasil penyelidikan mereka terhadap masalah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])