Kabar Gembira! Jemaah Indonesia Bisa Segera Umrah Lagi

Nusantaratv.com - 09 Oktober 2021

Ibadah umrah di masa pandemi covid-19/ist
Ibadah umrah di masa pandemi covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kabar gembira buat umat Islam khususnya bagi para jemaah yang ingin melaksanakan umrah. Pasalnya, Kerajaan Arab Saudi telah memberi lampu hijau untuk jemaah asal Indonesia segera bisa umrah lagi. 

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Sabtu (9/10/2021). 

Retno menyampaikan pihaknya telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta soal pembukaan pelaksanaan umrah bagi jemaah asal RI di tengah pandemi covid-19.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umrah Indonesia. Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah," ujar Retno mengutip detik.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Kapasitas Jamaah Umrah di Masjidil Haram Dinaikkan Jadi 100.000 Orang Setiap Hari

Retno menyebutkan nota diplomatik itu berisi pihak Saudi dan RI terus berupaya membahas teknis masuknya jemaah umrah dari RI. Ada pertimbangan masa karantina selama 5 hari bagi jemaah umrah.

"Kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah," tuturnya.

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," imbuhnya.

Retno lebih lanjut mengatakan Kementerian Luar Negeri terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan pihak terkait di Saudi agar jemaah asal RI segera bisa umrah. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])