Mulai Hari Ini, Kapasitas Jamaah Umrah di Masjidil Haram Dinaikkan Jadi 100.000 Orang Setiap Hari

Nusantaratv.com - 01 Oktober 2021

Ilustrasi jamaah umrah. (Saudi Gazette)
Ilustrasi jamaah umrah. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Jumlah jamaah umrah yang diizinkan melakukan shalat di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, akan meningkat mulai hari ini, atau Jumat (1/10/2021).

Dilansir dari Arab News, Jumat (1/10/2021), sekitar 100.000 jamaah akan dapat melakukan umrah setiap hari. Angka itu meningkat 30.000 orang dari kapasitas saat ini, yakni 70.000 jamaah.

Izin dikeluarkan melalui aplikasi Tawakkalna. Dimulainya kembali umrah untuk jamaah dari negara lain dimulai pada 10 Agustus, di tengah kebijakan Kerajaan yang melonggarkan pembatasan virus corona (Covid-19). 

Di sisi lain, jamaah umrah asing mengungkapkan kebahagiannya karena bisa menunaikan ibadah umrah setelah beberapa bulan terakhir ditutup akibat pandemi Covid-19.

"Kerajaan telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengendalikan penyebaran virus corona. Kita dapat melihat bahwa tindakan pencegahan yang telah diambil Kerajaan telah membuahkan hasil sekarang dan ada cahaya di ujung terowongan," kata CEO Dewan Haji Inggris, Rashid Mogradia dengan rasa haru.

"Kami melihat aktivitas umrah meningkat secara lokal dan kami sudah mulai melihat perusahaan Inggris dan jamaah haji Inggris memulai perjalanan umrah," tambahnya.

Baca Juga: Arab Saudi Berikan Vaksin Booster Covid-19 untuk Lansia

Dia mendorong Muslim Inggris lainnya untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan umrah. Mogradia mengungkapkan tindakan pencegahan di dalam Kerajaan selama perjalanan ibadah umrah dilakukan secara menyeluruh.

"Ini termasuk maskapai nasional Saudia yang saya tumpangi. Mereka melakukan pekerjaan yang fantastis dalam memastikan kursi dibersihkan dan semua orang mendapat paket kenyamanan yang terdiri dari pembersih tangan, tisu, dan masker wajah yang baik," urai Mogradia.

"Cukup menggembirakan dan menghangatkan hati melihat lebih banyak jamaah umrah dan tawaf dibandingkan pengalaman saya pada November 2020 yang terasa seperti saya satu-satunya di sana," tambahnya.

"Saya merasa istimewa dan terhormat untuk bisa melakukan umrah seperti yang kita tahu itu adalah panggilan ilahi. Saya ingin mendorong semua orang untuk mengesampingkan kekhawatiran apa pun karena sudah tidak ada masalah," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])