Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ini 3 Kelebihan Jenderal Andika Perkasa

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri/ist
Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada November 2021. 

Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengajukan nama Andika Perkasa  yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) sebagai calon tunggal Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Jenderal Andika Perkasa akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh DPR. 

Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini mengatakan Jenderal Andika Perkasa memiliki modal penting sebagai calon tunggal Panglima TNI yaitu dari segi pengalaman, prestasi dan popularitas.

"Kualifikasi apa yang tidak memenuhi? Pak Andika berpengalaman, berprestasi, dan populer. Di situasi seperti sekarang, semua modal yang dimiliki tadi harus optimal. Kita sedang berupaya bangkit dari pandemi," kata Faldo, Kamis (4/11/2021).

Faldo menerangkan proses pengajuan Andika sebagai calon Panglima TNI ke DPR sudah sesuai aturan. Pemilihan Andika menyesuaikan dengan situasi tantangan yang dihadapi.

Baca juga: Pemerintah Minta DPR Percepat Proses Andika jadi Panglima TNI Sebelum Hadi Pensiun

"Tentunya, Presiden sudah menghitung berdasarkan tantangan yang kita akan hadapi ke depan. Kepemimpinan yang kuat, profesional, dan dipercaya merupakan sesuatu yang bersama kita harapkan. Mengingat peran TNI sangat dibutuhkan untuk menjangkau daerah 3T dalam vaksinasi masal," ujar Faldo mengutip detikcom.

"Dari awal, pemerintah memastikan siapapun yang terpilih sebagai pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto adalah Prajurit Sapta Marga pilihan yang telah teruji kepemimpinannya. Kita tunggu FPT di DPR. Semoga semuanya berjalan lancar dan benar-benar mampu mengeksplorasi visi, misi, dan gagasan calon Panglima TNI," imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Komisi I masih melakukan rapat internal terkait jadwal uji kelayakan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dasco menyebut fit and proper test atau uji kelayakan Andika Perkasa dilakukan besok, Jumat (5/11/2021).

Dasco menyatakan DPR optimistis dapat menyelesaikan uji kelayakan Andika Perkasa sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun sebagai Panglima TNI pada 8 November. Menurutnya, proses fit and proper test Andika tidak akan memakan waktu lebih dari satu hari.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])