Pemerintah Minta DPR Percepat Proses Andika jadi Panglima TNI Sebelum Hadi Pensiun

Nusantaratv.com - 03 November 2021

Jenderal TNI Andika Perkasa/ist
Jenderal TNI Andika Perkasa/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Teka-teki tentang siapa sosok yang akan dimajukan pemerintah menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini, akhirnya terjawab.

Pemerintah secara resmi telah mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) menjadi pengganti Hadi Tjahjanto kepada DPR RI. 

Bahkan pemerintah meminta DPR memberikan persetujuan Andika Perkasa menjadi Panglima TNI sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun.

"Sebagaimana kita tahu Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki akhir masa jabatan pada bulan November ini. Oleh karena itu, kami atas nama pemerintah sangat mengharapkan kepada Ibu Ketua DPR, bapak-bapak pimpinan DPR dan seluruh anggota DPR untuk bisa segera memproses," kata Mensesneg Pratikno, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Jokowi Usulkan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI!

Pratikno mengatakan pemerintah juga akan bergerak cepat setelah DPR menyetujui Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Setelah disetujui DPR, pemerintah nantinya akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) perihal Panglima TNI.

"Kami sangat mengharapkan untuk bisa memperoleh persetujuan secepatnya, sehingga kami bisa, pemerintah bisa segera menerbitkan keputusan presiden dan juga Presiden bisa segera melantik Panglima TNI yang baru sebelum Panglima TNI yang sekarang berakhir masa jabatannya," terang Pratikno mengutip detikcom.

Diketahui, Pemerintah mengirimkan Surpres tentang calon Panglima TNI ke DPR. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

"Presiden mengusulkan satu nama calon Panglima TNI," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," imbuh Puan.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])