iPhone 14 Pro Diperkirakan Punya Kamera 48MP dan Lensa Periskop Mulai 2023

Nusantaratv.com - 21 Desember 2021

Ilustrasi kamera iPhone. (Gizmochina)
Ilustrasi kamera iPhone. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple berencana menambahkan lensa kamera 48 megapiksel ke iPhone pada tahun depan.

Selain itu, terdapat juga lensa periskop mulai 2023, menurut analis Ming-Chi Kuo, seperti dikutip dari Gizmochina, Selasa (21/12/2021). Dalam laporan terbaru dari MacRumors, mengutip catatan penelitian TF International Securities, Kuo mengatakan peningkatan kamera iPhone ini akan membantu meningkatkan pangsa pasar, penjualan, dan keuntungan pabrikan Taiwan Largan Precision selama dua tahun ke depan.

Largan Precision merupakan pemasok lensa kamera smartphone terbesar di dunia dan menguasai sekitar 30 persen pangsa pasar di seluruh dunia.

Kuo sendiri tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut, namun sebelumnya mengklaim jika kamera 48 megapiksel akan terbatas pada model iPhone 14 Pro dan akan memungkinkan perekaman video 8K, naik dari saat ini 4K. Video 8K definisi tinggi itu akan cocok untuk dilihat di headset AR/VR Apple, yang dijadwalkan untuk memasuki pasar tahun depan, menurut Kuo.

Kuo juga sebelumnya mengklaim jika model iPhone 14 Pro dapat mendukung output 48 megapiksel dan 12 megapiksel, yang kemungkinan akan dicapai dengan menggunakan proses yang dikenal sebagai pixel binning

Pixel binning, yang sudah digunakan pada beberapa smartphone Android seperti Samsung Galaxy S21 Ultra, dapat memungkinkan model iPhone 14 Pro mengambil foto 48 megapiksel dalam kondisi terang dan 12 megapiksel dalam kondisi kurang cahaya.

Di sisi lain, Kuo juga menegaskan kembali keyakinannya di mana setidaknya satu model iPhone 15 akan menerima lensa periskop pada 2023, membuka jalan untuk zoom optic yang ditingkatkan secara signifikan. 

Lensa ini akan melipat optik kamera, di mana cahaya yang diserap oleh sensor gambar ditekuk atau 'dilipat' memungkinkan peningkatan zoom optic sambil mempertahankan desain yang ringkas untuk smartphone.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])