Apple Niat Buat Chip Sendiri untuk Konektivitas 5G dan Wi-Fi

Nusantaratv.com - 17/12/2021 16:26

Ilustrasi Apple. (Gizmochina)
Ilustrasi Apple. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple dilaporkan sedang merancang chip terbarunya sendiri.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (17/12/2021), perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, AS itu, telah membuat chip A-Series untuk perangkat seperti iPhone dan iPad.

Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan chip M1 di bawah Apple Silicon, berdasarkan arsitektur ARM untuk perangkat Mac-nya. Tahun ini, Apple memperkenalkan dua chip lagi, yakni M1 Pro dan M1 Max, yang semakin meningkatkan kinerjanya.

Jika laporan terbaru yang datang dari Bloomberg dapat dipercaya, maka Apple berencana membuka kantor baru di California Selatan dengan belasan insinyur yang menunggu untuk dipekerjakan oleh perusahaan.

Daftar posting pekerjaan mengungkapkan jika Apple mencari orang dengan pengalaman dalam chip modem dan jenis semikonduktor nirkabel lainnya.

Pada tahap selanjutnya, perusahaan tampaknya siap untuk mulai merancang chip modem 5G sendiri untuk iPhone. Untuk ini, Apple menghabiskan US$1 miliar pada 2019 dengan mengakuisisi bisnis chip modem smartphone Intel.

Chip modem 5G dari Apple diperkirakan akan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang juga memproduksi chip lain dari raksasa teknologi tersebut.

Berdasarkan laporan sebelumnya, modem 5G in-house Apple dapat diluncurkan segera setelah 2023. Ada spekulasi begitu Apple mulai membuat chip modem 5G sendiri, Apple akan mulai merancang chip Wi-Fi sendiri yang saat ini bergantung pada Broadcom dan Skyworks Solutions.

Sementara Apple akan mengurangi ketergantungannya pada vendor yang menawarkan chip kepada perusahaan dengan membuat versi mereka sendiri, itu juga akan meningkatkan ketergantungannya pada TSMC untuk memproduksi semua chip ini karena Apple tidak memiliki kemampuan manufaktur. 

Hal ini juga bisa menjadi bumerang karena ketegangan geopolitik antara China dan Taiwan serta China dan Amerika Serikat (AS).

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in