Honda Siap Rilis Skuter Listrik Pertama di India

Nusantaratv.com - 25 Oktober 2021

Honda bakal meluncurkan skuter listrik pertama di India. (Net)
Honda bakal meluncurkan skuter listrik pertama di India. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) berencana merilis skuter listrik pertamanya untuk pasar India.

Dikutip dari Hindustan Times, Senin (25/10/2021), skuter listrik tersebut direncanakan dirilis pada 2022, sedangkan uji kelayakan akan dimulai pada akhir tahun ini.

CEO, Presiden sekaligus Direktur Pelaksana HMSI Atsushi Ogata mengatakan, Honda Motor telah memasuki segmen kendaraan listrik sama seperti beberapa produsen lain. Terlebih, kata dia, adanya dukungan insentif pemerintah dan investasi dalam infrastruktur terbarukan.  

Disebutkannya, kini konsumen sudah mulai menggunakan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) untuk perjalanan singkat di lingkungan perkotaan. Tetapi, untuk perjalanan jauh dan di kawasan pedesaan, kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE) masih lebih unggul. 

Baca Juga: Mulai 2035, Kawasaki Hanya Jual Sepeda Motor Listrik di Negara Maju

"Beberapa konsumen menggunakan kendaraan roda dua listrik untuk perjalanan yang sangat singkat atau kondisi jalan yang sangat padat di kota-kota besar. Jadi konsumen seperti itu sudah mulai mempertimbangkan opsi lain," ungkap Ogata.

Lebih lanjut, dia mengakui, tidak akan ada perubahan drastis dari mesin ICE ke kendaraan listrik. "Kami sedang mempertimbangkan (sebuah EV) karena kami memiliki pengetahuan teknologi EV sejak beberapa dekade terakhir, jadi mengapa tidak mempertimbangkannya untuk pasar India," tambah Ogata.

Skuter listrik yang dihadirkan HMSI nantinya menambah line-up produk sepeda motor Honda di India. Namun, Honda belum berencana mengubah skuter Honda Activa dan Shine menjadi skuter listrik selama tiga tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])