Demi Capai Target Herd Immunity Akhir 2021, Wapres Minta Vaksinasi Covid-19 Dikebut

Nusantaratv.com - 06 Oktober 2021

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin/ist
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pemerintah menargetkan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan 70 persen vaksinasi tercapai pada akhir 2021. Demi mengejar target tersebut, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta kepada semua pihak untuk mempercepat vaksinasi. 

Sebab, menurut Ma'ruf Amin, jika kecepatan vaksinasi tidak ditingkatkan kemungkinan herd immunity Indonesia baru akan tercapai pada pertengahan 2022. 

Ma'ruf Amin menjelaskan demi mencapai target kekebalan kelompok pemerintah mencanangkan vaksinasi covid-19 minimal 70 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Jumlah itu setara dengan 208 juta warga. 

Namun berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan rata-rata capaian vaksinasi di Indonesia seharinya hanya 1,4 juta dosis, sehingga sulit dicapai target pada 2021.

Baca juga: Wapres Minta Masyarakat Tetap Waspada Terhadap Potensi Peningkatan Kasus Covid-19

"Artinya masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity. Dengan kecepatan vaksinasi tersebut, diperkirakan masih dibutuhkan 7 bulan dari sekarang atau sekitar pertengahan tahun 2022 untuk mencapai cakupan 70 persen," kata Ma'ruf mengutip cnnindonesia, Rabu (6/10).

Karenanya, Ma'ruf mendorong berbagai pihak untuk melakukan percepatan vaksinasi hingga 2,5 juta dosis per hari guna mencapai target kekebalan kelompok hingga akhir 2021. Dia juga menyinggung beberapa daerah yang rendah cakupan vaksinasi Covid-19 agar segera berupaya meningkatkan capaian program vaksinasi.

"Kami juga mencatat bahwa masih banyak daerah yang tertinggal dalam capaian vaksinasi. Saya meminta agar TNI dan Polri memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kecepatan vaksinasi," tandas Ma'ruf Amin.

Diketahui, berdasarkan data Kemenkes per 5 Oktober 2021, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 94.939.217 orang (45 persen) dan 53.656.921 orang (25 persen) untuk dosis kedua. Masih jauh dari target sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 208 juta rakyat Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])