Wah! Komputer Apple Asli yang Dibuat Steve Jobs dan Wozniak Bakal Dilelang

Nusantaratv.com - 09 November 2021

Ilustrasi Apple. (Net)
Ilustrasi Apple. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah komputer Apple asli, buatan tangan oleh pendiri perusahaan itu, Steve Jobs dan Steve Wozniak, 45 tahun yang lalu, akan dilelang di Amerika Serikat (AS) pada hari ini, atau Selasa (9/11/2021).

Apple-1 yang masih berfungsi dan merupakan cikal-bakal dari Macbook itu diperkirakan akan terjual hingga US$600 ribu (Rp8,5 miliar) pada sebuah lelang di California, AS.

Dikutip dari AFP, Selasa (9/11/2021), Apple-1 merupakan salah satu dari 200 komputer yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak pada awal pendirian perusahaan itu di sebuah garasi hingga kini menjadi perusahaan raksasa senilai US$2 triliun.

Dan, yang membuat benda itu langka karena komputer itu terbungkus dalam kayu koa, yakni kayu asli Hawaii yang kaya akan patri. Hanya segelintir dari 200 komputer Apple asli yang dibuat dengan cara ini. Apple-1 sebagian besar dijual sebagai bagian komponen oleh Jobs dan Wozniak.

"Salah satu toko komputer yang menerima pengiriman sekitar 50 unit memutuskan untuk membungkus beberapa di antaranya dengan kayu," kata pihak rumah lelang.

"Ini semacam cawan suci untuk peralatan elektronik antik dan kolektor teknologi komputer," kata pakar Apple-1 Corey Cohen kepada Los Angeles Times. "Itu benar-benar membuatnya menarik bagi banyak orang," lanjutnya.

Juru lelang John Moran mengatakan perangkat yang dilengkapi dengan monitor video Panasonic 1986, hanya pernah dimiliki oleh dua pemilik.

"Ini awalnya dibeli oleh seorang profesor elektronik di Chaffey College di Rancho Cucamonga, California, yang kemudian menjualnya kepada muridnya pada 1977," kata sebuah daftar di situs web rumah lelang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])