Catat! Akan Terjadi Gerhana Bulan Terlama, 3 Jam 28 Menit pada 19 November

Nusantaratv.com - 12/11/2021 14:02

Ilustrasi gerhana bulan/ist
Ilustrasi gerhana bulan/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

New York, Nusantaratv.com-Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika  (NASA) memperkirakan akan terjadi gerhana bulan sebagian pada 19 November 2021 mendatang. Fenomena alam langka ini akan menjadi gerhana bulan terlama di abad ini. 

Menurut NASA gerhana bulan akan berlangsung selama 3 jam 28 menit. 

NASA mencatat gerhana bulan terlama yang pernah terjadi adalah gerhana bulan purnama pada 2018 lalu yang berlangsung selama 1 jam 42 menit. Selama ini biasanya setiap terjadi gerhana kurang dari 2 jam. Karena itu gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada 19 November mendatang bakal menjadi gerhana bulan terlama. 

Bulan di akhir November juga dikenal sebagai 'bulan beku' atau 'bulan berang-berang'. Artinya, gerhana bulan kali ini akan menjadi 'blood moon' sebagian dengan warna kemerahan yang terlihat di permukaan bulan, mengutip okezonecom, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Wah, Ternyata di Bulan Banyak Oksigen

Blood moon adalah sebutan yang diberikan untuk fenomena gerhana bulan purnama yang terjadi ketika posisi bumi berada persis di antara matahari dan bulan sehingga bayangan bumi menutupi bulan.

Saat gerhana bulan sebagian pada 19 November mendatang  diperkirakan hampir 97 persen bulan akan terlindungi dari Bumi.

Diketahui, sebelumnya ahli menyebutkan pada kurun waktu mulai 2001 hingga 2100, diperkirakan akan terjadi 288 gerhana bulan. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in