Utut Adianto Suntik Semangat MI Aditya Bagus Arfan, Janjikan Bonus Jika Finis 3 Besar pada Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023 Italia.

Nusantaratv.com - 22 November 2023

MI Aditya Bagus Arfan/Foto: Kristianus Liem
MI Aditya Bagus Arfan/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur binaan PT United Tractors Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan (2415) harus puas berbagi angka dengan lawannya pecatur asal Rusia yang bermain di bawah bendera FIDE Master Fide (MF) Konstantin Popov pada babak ke-8 Kejuaraan Dunia Catur Remaja/World Youth Chess Championship KU18 
di Montesilvano, Italia, Selasa (21/11/2023). 

Tambahan 0,5 poin dari laga lawan Konstantin tak berpengaruh pada posisi Aditya di klasemen sementara KU18. 

Pecatur kelahiran Bekasi 31 Oktober 2006 ini tetap di urutan ke-13 dengan 5,5 poin hasil dari empat kali menang, tiga kali remis dan satu kali kalah.

Bersama Aditya ada sembilan pecatur lainnya yang sama-sama mengemas 5,5 poin di urutan 11 sampai 20.

Puncak klasemen sementara masih didominasi sendirian oleh MI Aleksey Grabnev (Rusia/FIDE) dengan 7,5 poin. 

Diikuti tiga pecatur lainnya di urutan 2-4 yakni MI Aldiyar Ansat (Kazakhstan), MF Tymon Czernek (Polandia) dan MF Mark Jay Bacojo (Filipina) yang sama-sama mengoleksi 6,5 poin.

Baca juga: Aditya Bagus Arfan Kembali ke Jalur Kemenangan Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023 Italia usai Taklukkan Claudio Paduano pada Babak ke-7

Sempat Unggul

GM Andrei Kovalev yang membantu persiapan Aditya Bagus Arfan tampil di Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023 mengatakan Adit yang memegang buah hitam bermain bagus tapi lawannya Konstantin Popov juga tampil bagus sehingga laga berakhir remis.

"Adit bermain bagus tanpa langkah salah, tapi lawannya juga bermain bagus. Jadi hasil remis memang paling wajar," kata GM Andrei Kovalev.

Sebetulnya Adit sempat unggul satu bidak pada langkah 43 dalam permainan akhir dua Benteng plus empat bidak lawan tiga bidak Popov di sayap-raja, yang secara teori memang bakal berakhir remis. Remis akhirnya terjadi pd langkah 87. 

Ketum PB Percasi GM Utut Adianto dalam pesan singkatnya menjanjikan hadiah jika Aditya mampu masuk 3 besar pada Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023.

Diharapkan 'bonus' yang dijanjikan Utut Adianto dapat memacu semangat Aditya untuk meraih hasil terbaik di tiga babak tersisa. Karena secara matematis, Aditya yang kini mengemas 5,5 poin masih memiliki peluang untuk menembus posisi tiga besar. 

Sesuai pairing Aditya Bagus Arfan akan menghadapi pecatur Taiwan MF Adelard Bai 2384 pada babak ke-9, Rabu (22/11/2023).

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close