Timnas Indonesia Gagal ke Final SEA Games 2021 Usai Kalah 0-1 dari Thailand

Nusantaratv.com - 19/05/2022 19:34

Para pemain Timnas U23 Indonesia menyalami wasit dan para pemain Thailand jelang laga/ist
Para pemain Timnas U23 Indonesia menyalami wasit dan para pemain Thailand jelang laga/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pupus sudah harapan Timnas U-23 Indonesia untuk bisa mempersembahkan medali emas dari ajang SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam. 

Langkah tim besutan Shin Tae-yong kandas setelah kalah 0-1 dari Thailand  pada semifinal cabor sepak bola di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022).

Gol semata wayang kemenangan Thailand dicetak Weerathep Pompun pada menit ke-96 (babak tambahan 2x15 menit). 

Gol tersebut memastikan langkah Thailand lolos ke babak final sepakbola SEA Games 2021. Lawan Thailand di final masih menunggu hasil pertandingan semi final lainnya antara tuan rumah Vietnam kontra Malaysia. 

Meski akhirnya kalah tipis atas Thailand, Timnas Indonesia sebenarnya bermain cukup baik sejak menit awal. Bahkan terlihat pasukan Shin Tae-yong lebih dominan di babak pertama. 

Peluang terbaik Tim Merah Putih didapat Marc Klok lewat tendangan bebas pada awal babak pertama dan tendangan pojoknya yang mengenai mistar sebelum turun minum.

Selain itu ada juga tandukan dari bek Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand pada pertengahan laga. Tapi tak ada gol yang tercipta di babak pertama. Skor tetap 0-0.

Berbeda dengan di babak pertama, Thailand mengubah tempo permainannya menjadi lebih cepat pada babak kedua. Laga menjadi lebih seru karena kedua tim silih berganti melancarkan serangan.

Namun hingga pertandingan babak kedua berakhir tak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan babak tambahan (2x15 menit).

Thailand langsung menekan sejak menit awal babak tambahan. Tendangan keras Worachit masih bisa diselamatkan Ernando di menit ke-91.

Baca juga: Ini Perintah Khusus Jokowi ke Shin Tae Yong

Tim Gajah Putih akhirnya berhasil membobol gawang Timnas Indonesia yang dikawal Ernando pada menit ke-96. Mendapat umpan dari Ben Davis, Weerathep Pompun lebih dulu mengontrol bola sambil membalikkan badan sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang di gawang Indonesia.

Thailand mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas Indonesia hingga pertandingan babak tambahan pertama berakhir. 

Di babak kedua tambahan waktu pertandingan berlangsung ketat. Banyak benturan yang terjadi hingga hujan kartu yang tak terhindarkan.

Pemain Thailand William Gabriel Widersjoe mendapatkan kartu merah pada menit ke-198.

Kemudian tiga pemain Indonesia juga mendapatkan kartu merah yaitu Firza Andhika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Bahkan pelatih Thailand Mano Polkung juga mendapatkan kartu kuning.

Namun kedua tim tak mampu mencetak gol hingga laga berakhir. Pertandingan pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Thailand.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke final SEA Games 2021. Meski demikian Indonesia masih akan bermain di perebutan medali perunggu pada Minggu (22/5/2022), mengutip CNNIndonesiacom.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman.

Thailand: Kawin Thamsatchanan (PG); Nakin Wisetchat, Jonathan, Khemdee, Airfan Doloh Ekanit Panya, Korawich Tasa, Worachit Kanitsribumphen, Chonnapat Buanphan, Benjamin James Davis, Weerathep Pomphun, Chayapipat Supanpasuch.


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in