Irene Hadapi Pecatur Vietnam Tram Hoang pada Babak 8 Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023, Persaingan di Kelompok Putri Semakin Seru

Nusantaratv.com - 11 Mei 2023

IM-GMW Irene Kharisma Sukandar (kiri)/Dok Asian Zone 3.3
IM-GMW Irene Kharisma Sukandar (kiri)/Dok Asian Zone 3.3

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kejuaraan catur bergengsi Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century Park Senayan, Jakarta telah memasuki dua babak akhir paling menentukan yaitu babak 8 dan 9. 

Hari ini, Kamis (11/5/2023) digelar pertandingan babak 8 baik untuk kelompok Open/Putra maupun kelompok putri. Pertandingan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB saat ini masih berlangsung. 

Asian Zone 3.3 Chess Championship mempertandingkan nomor catur standar atau klasik. Dengan waktu pikir masing-masing pecatur 90 menit untuk 40 langkah. Setelah 40 langkah kedua pecatur yang berlaga kembali mendapatkan tambahan waktu masing-masing 30 menit. 

Irene 

Di kelompok putri harapan Indonesia untuk bisa merebut gelar juara dan tiket lolos ke Piala Dunia Catur 2023 tinggal di pundak pecatur putri terbaik, IM-GMW Irene Kharisma Sukandar. 

Irene saat ini menempati urutan ke-2 klasemen sementara kelompok putri dengan mengemas 5 poin (hasil dari 4 kali menang, 2 kali remis dan 1 kali kalah). Satu-satunya kekalahan yang diderita Irene terjadi saat menghadapi IM-GMW Bathkuyag Munguntuul pada babak ke-4.

Puncak klasemen diduduki pecatur Vietnam GMW Vo Thi Kim Pung juga dengan 5 poin. 

Dua pecatur yang menempati urutan ke-3 dan ke-4 yakni GMW Gong Qianyun (Singapura) dan GMW Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) juga mengemas poin 5. 

Sementara urutan ke-5 ditempati unggulan utama IM-GWM dari Mongolia Bathkuyag Munguntuul dengan 4,5 poin. Munguntuul yang mendominasi puncak klasemen sejak babak awal hingga babak ke-6 terlempar ke urutan ke-5 setelah ditaklukkan GMW Gong Qianyun pada babak ke-7, Rabu (10/5/2023) malam. 

Pada babak ke-8 hari ini, IM-GMW Irene Kharisma Sukandar akan menghadapi pecatur tangguh dari Vietnam GMW Thi Bao Tram Hoang yang saat ini menempati urutan ke-6 klasemen sementara dengan 4 poin. 

Sesuai undian Irene akan memainkan buah putih. 

Di atas kertas Irene sangat berpeluang bisa mengalahkan Tram Hoang. Karena selain diuntungkan bermain dengan buah putih, Irene juga unggul elo rating dari Tram Hoang dengan 2390 berbanding 2277 terpaut 113 poin. 

"Senang bisa menang di babak ke-7 ini. Karena tadi di babak ke-6 main kurang bagus dan maksimal sehingga hasilnya remis," kata Irene kepada media usai memenangkan laga kontra pecatur Mongolia GMW Altan-Ulzil Enkhtuul 2254 pada babak ke-7, Rabu (10/5/2023).

Irene bertekad untuk bermain sebaik mungkin pada babak ke-8 dan ke-9 yang sangat menentukan langkahnya meraih juara dan merebut tiket ke Piala Dunia 2023. 

"Di samping itu juga perlu menjaga stamina. Karena sisa dua babak yang menentukan pasti membutuhkan stamina yang prima," ujarnya. 

Selain partai MI-GMW Irene Kharisma Sukandar  vs GMW Thi Bao Tram Hoang, laga babak ke-8 kelompok Putri juga akan menghadirkan beberapa partai yang mempertemukan para pecatur di barisan atas klasemen sementara, antara lain, GMW Gong Qianyun 2247 Singapura vs GMW Nguyen Thi Mai Hung 2193 Vietnam kemudian GMW Vo Thin Kim Phung 2351 Vietnam vs GMW Janelle Mae Frayna 2266 Filipina dan MI-GMW Batkhuyag Munguntuul 2408 Mongolia vs GMW Nguyen Thi Thanh An Vietnam 2252.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])