FIDE Grand Swiss 2023: Medina Hadapi Pecatur Serbia MI Teodora Injac di Babak ke-3

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2023

Medina Warda Aulia (kiri) dan Teodora Injac/ist
Medina Warda Aulia (kiri) dan Teodora Injac/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri Indonesia Master Internasional (MI) Medina Warda Aulia akan menghadapi MI dari Serbia, Teodora Injac pada babak ke-3 Kelompok Putri FIDE Grand Swiss 2023 yang berlangsung di Isle of Man, Jumat (27/10/2023).

Laga babak ke-3 akan berlangsung mulai pukul 14.30 waktu Isle of Man atau 20.30 WIB. Karena waktu Jakarta lebih cepat 6 jam dari Isle of Man.

Medina mendapat giliran memainkan buah hitam.

Medina dan Injac sama-sama baru mengemas 1 poin dari 2 babak yang sudah dimainkan. Medina menempati posisi ke-24 sementara Injac di urutan ke-39 dari 50 peserta pada klasemen sementara di Kelompok Putri.

Keduanya sama-sama menderita satu  kekalahan di babak pertama. Medina dikalahkan pecatur Rusia yang bermain di bawah bendera FIDE, GM Valentina Gunina. Sedangkan Injac ditaklukkan MIW Sandu Mihaela 2298 dari Rumania.

Di babak ke-2, Kamis (26/10/2023), Medina mengalahkan MI dari India Vantika Agrawal. Injac menumbangkan pecatur Chili MIW Javiera Belen Gomez Baretta 2266.

Bakal Seru

Laga Medina 2362 kontra Teodora Injac 2426 bakal berlangsung seru karena kedua pecatur memiliki kekuatan yang berimbang. Meski Medina kalah elo rating namun selisihnya hanya 64 poin. Itu berarti keduanya memiliki peluang yang sama untuk saling mengalahkan.

Baca juga: Babak 2 FIDE Grand Swiss 2023: Medina Bangkit Taklukkan Pecatur India MI Vantika Agrawal

Ini kali kedua bagi Medina dan Injac mengikuti turnamen yang sama. Sebelumnya keduanya juga menjadi kontestan dalam Piala Dunia Catur 2023 yang berlangsung di Baku, Azerbaijan pada Agustus lalu.

Keduanya tidak sempat berhadapan karena menempati grup pairing yang berbeda.

Medina dan Injac menorehkan prestasi serupa di Piala Dunia Catur 2023. Lolos sampai babak 16 besar. Langkah Medina dihentikan pecatur cantik dari Bulgaria MI Nurgyul Salimova lewat babak tiebreak. Sedangkan Teodora Injac disingkirkan pecatur Rusia yang bermain di bawah bendera FIDE MI Polina Shuvalova.

Theodora membuat kejutan di Piala Dunia Catur 2023 dengan menyingkirkan sang juara bertahan dan mantan juara dunia dari Swiss GM Alexandra Kosteniuk.

Di ajang FIDE Grand Swiss 2023 Theodora menempati unggulan ke-20 jauh lebih tinggi dibanding Medina yang menduduki unggulan ke-42 dari 50 peserta.

Teodora Injac memenangi Kejuaraan Catur Serbia Wanita pada tahun 2018, 2019 dan 2020. Dia adalah orang termuda yang pernah memenangi Kejuaraan Catur Serbia Wanita.

Prestasi terbaiknya di tingkat internasional adalah meraih medali perunggu di Kejuaraan Catur Remaja Dunia yang diadakan di Porto Carras, Yunani pada 2018.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close